Mohon tunggu...
Puteri Renata
Puteri Renata Mohon Tunggu... Editor - Mpudh

Founder Komunitas Sahabat Literasi/Direktur SL Books/Mentor Kepenulisan Self Healing/Penulis Novel

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Memahami Shadow Work atau Sisi Gelap Manusia

11 Oktober 2021   22:32 Diperbarui: 11 Oktober 2021   22:34 4133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Apa itu shadow work? 

Menurut sebuah buku yang saya baca, Setiap manusia memiliki sisi gelap yang sering kali disembunyikan atau dianggap tak pernah ada. Padahal, sering kali kita "bertarung" melawan sisi gelap tersebut agar bisa menang. Inilah yang disebut shadow work.

Nah, saya sendiri sebagai manusia menyadari dalam diri saya ada sisi gelap yang harus saya lawan, agar saya bisa menarik cahaya terang atau sisi terang dalam diri. 

Mengutip scottjeffrey.com, shadow atau bayangan diri adalah sisi emosional manusia, seperti amarah, iri hati, keserakahan, keegoisan, keinginan, atau perjuangan untuk mendapat kekuasaan yang sering kali disebut sebagai “sisi gelap”.

Secara lahiriah, sisi gelap tidak bisa dihilangkan dari kita sebagai manusia, karena kita dikenali sisi baik dan buruk dalam jiwa dan diri kita sejak kita lahir ke dunia, namun kita bisa hindari keburukan atau sisi buruk maupun sisi gelap dalam jiwa dan diri kita melalui hal-hal positif yang bisa menekan keburukan tersebut. 

Dulu, saya pikir sisi gelap manusia bisa dihilangkan saat kita sudah dewasa, namun tidak semudah itu ternyata. Perjalanan hidup saya menjalani banyak hal membuat saya sadar dan menyadari kalau sisi gelap sudah menempel dalam diri juga jiwa kita dan tak bisa kita hilangkan begitu saja. 

Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk bisa menaklukan shadow work kita. 

Yaitu, menerima, memahami, dan lalu kemudian mengolahnya. 

Ada berbagai manfaat saat kita mengenal shadow work kita, yaitu :

1) Kita jadi tahu diri kita sendiri, dan kita bisa memahami diri kita tersebut. 

Dengan kita tahu shadow work kita, kita jadi paham dan lebih menerima hal yang terjadi dalam hidup kita, seperti senang maupun sedih. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun