Mohon tunggu...
putri aprilia
putri aprilia Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa BK angkatan 19 kampus UKSW

mahasiswa BK angkatan 19 kampus UKSW saya memiliki hobi berenang dan memasak, saya memiliki sifat yang tertutup dengan orang baru, tetapi saya bisa menjadi orang yang cerewet dengan orang orang yang sudah saya kenal lama. saya saat ini berusia 21 tahun.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

KARENA SEBUAH TEKNOLOGI

8 September 2022   08:00 Diperbarui: 8 September 2022   09:03 106 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Zaman milenial ini, banyak kecanggihan kecanggihan teknologi yang bermunculan, apalagi saat ini banyak media online yang menjajah di kalangan kuliner. Hal ini menimbulkan banyaknya pro dan kontra pada teknologi yang pesat di zaman milenial ini. Kemajuan teknologi ini juga ternyata dianggap jadi hal yang sangat luar biasa pesatnya dan juga yang paling banyak adalah memudahkan dan menguntungkan beberapa kelompok masyarakat.

Salah satunya adalah pedagang online. Apalagi di era industri, banyak karyawan kantor memilih kecangihan teknologi dengan memesan ojek online atau transportasi online lainnya, hal ini membuat para angkutan umum dan juga pekerja tanpa aplikasi lainnya yang banyak memakan kerugian dengan adanya aplikasi online tersebut. Tetapi tidak sedikit juga masyarakat memanfaatkan transportasi umum biasa untuk mereka pakai.

Di dalam lingkungan masyarakat khususnya di dalam sebuah lingkup kampung, masyarakat dekat dengan medis sosial, terutama remaja dan anak anak. Hal ini memicu masyarakat kurang berinteraksi dengan warga sekitar.

Namun, jika kita melihat fakta yang ada zaman teknologi sudah merubah pertumbuhan yang sangat signifikan yang memberikan dampak besar bagi kehidupan manusia masa kini.

Bukan hanya media sosial dan aplikasi online saja, teknologi juga dampat mengganti peran manusia seiring berjalannya waktu. Di zaman sekarang banyak pekerja manusia tergantikan oleh mesin, hal ini menimbulkan angka pengangguran semakin tinggi dan lapangan pekerjaan pun semakin berkurang.

Kemajuan teknologi dianggap jadi hal yang hitz di kalangan masyarakat, tak hanya untuk memamerkan kemewahannya, teknologi yang berkembang pesat ini dapat membantu banyak pekerjaan serta memudahkan beberapa kelompok masyarakat. Akan tetapi, tak serta merta teknologi dapat menguntungkan semua pihak.

Kemudahan teknologi ternyata dapat memicu adanya permasalahan, salah satunya permasalahan sosial, terutama bagi yang hidupnya hanya mengandalkan hal hal yang bersifat manual atau ketinggalan zaman.

Contoh yang dapat kita ambil dan yang paling dekat saat ini yaitu kemudahan dalam memesan makanan online atau berpergian menggunakan transportasi online. Bagi masyarakat luas dan juga yang bekerja di perusahaan transportasi online tentu saja akan dimudahkan dengan adanya teknologi ini. 

Namun, hal ini menjadi masalah bagi orang orang yang berprofesi menarik becak, ojek pangkalan, dan juga penjual makanan yang tidak bisa menggunakan teknologi termutahir karena jualannya akan lebih sepi dibandingkan yang lain.

Kemudian bagi penjual makanan yang tidak bisa memakai aplikasi online untuk menjualkan dagangannya dapat berpengaruh pada penghasilannya yang bisa menurun bahkan bangkrut. Hal tersebut menimbulkan pro dan kontra pada masyarakat setempat.

Kemudian masalah yang lain, misalnya sopir angkutan umum di daerah salatiga merasa tidak suka dengan adanya transportasi online terutama ojek online yang ada di kota salatiga. Dengan menempelkan pamphlet pada belakang bagian angkot, salah satu sopir angkot ini menyampaikan suaranya dengan protes adanya ojek online tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan