Mohon tunggu...
Perdana Putra Gultom
Perdana Putra Gultom Mohon Tunggu... Student at Undergraduate Programme of Anthropology, Universitas Indonesia

Manusia yang sedang mengambil kuliah mempelajari manusia dan kebudayaannya. Seorang penggemar olahraga yang tertarik pada isu sosial-politik, kebudayaan, teknologi, ekonomi, dan popular culture.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Dari Freeport untuk Papua

15 Januari 2020   21:58 Diperbarui: 15 Januari 2020   22:12 52 0 0 Mohon Tunggu...
Dari Freeport untuk Papua
(sumber: detik.com)

Berbicara mengenai perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, tak lengkap rasanya bila tidak membicarakan Freeport Indonesia. Kegiatan yang dilakukan oleh Freeport Indonesia mulai dari menambang, memproses, dan melakukan eksplorasi, Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahan tambang tembaga terbesar di dunia, bukan hanya tembaga, namun juga bijih yang mengandung emas dan perak.

Logo PT.Freeport Indonesia
Logo PT.Freeport Indonesia

Sebagai perusahaan yang beroperasi di Papua, tepatnya di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Freeport memiliki tanggung jawab dan kontribusi dalam memajukan masyarakat Papua yang telah berlangsung sejak Freeport Indonesia pertama kali beroperasi hingga pada masa sekarang. Dari sekian banyak Sumbangsih bagi negeri yang dilakukan oleh Freeport Indonesia, tulisan ini akan menjabarkan beberapa bukti konkret dan terkini dari kontribusi Freeport untuk masyarakat.

Kontribusi Freeport untuk masyarakat yang pertama ada pada bidang pendidikan yang diwujudkan dalam bentuk sekolah, pusat pelatihan, dan beasiswa. Perlu diingat bahwa pendidikan merupakan cara yang paling efektif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada suatu masyarakat, oleh karena itulah Freeport menjadikan pendidikan sebagai salah satu perhatian utamanya.

Freeport Indonesia mendirikan sebuah sekolah bernama Sekolah Asrama Taruna Papua yang telah berdiri sejak 2007 dan dikelola oleh Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) dengan pembiayaan oleh Freeport secara penuh, sekolah ini terdiri dari jenjang SD-SMP dan mengedepankan kurikulum berbasis nilai-nilai kehidupan dan pembentukan karakter.

Untuk beasiswa, Freeport tiap tahunnya menyelenggarakan program beasiswa dengan 650 beasiswa per tahun, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Selain pendidikan dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah, Freeport mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) yang bertujuan meningkatkan kemampuan penduduk asli Papua di bidang pertambangan agar menjadi pekerja tambang yang dapat bersaing di industri pertambangan.

Sebagai pemantapan, Freeport juga mengadakan Papuan Bridge Program (PBP) guna meningkatkan kemampuan dan kualitas fresh graduate asal Papua agar dapat bersaing di dunia industry. Di luar pendidikan formal, Freeport Indonesia membantu melaksanakan Program Pendidikan Lingkungan di sekolah milik Freeport Indonesia dan sekitar Kabupaten Mimika, program ini ditujukan untuk mempersiapkan sekolah dan peserta didik yang berwawasan lingkungan.

Dalam bidang kesehatan, perusahaan tambang tembaga ini tidak main-main untuk meningkatkan kualitas kesehatan di Papua. Keterabatasan fasilitas kesehatan mendorong Freeport membangun sebuah rumah sakit bernama Rumah Sakit Mitra Masyrakat (RSMM) yang menjadi rumah sakit rujukan di Kabupaten Mimika atau daerah dataran rendah dan Rumah Sakit Waa Banti (RSWB) untuk melayani masyarakat di daerah dataran tinggi. Selain rumah sakit, Freeport juga menyediakan klinik terapung bagi masyarakat yang mengalami kesulitan untuk mengakses fasilitas kesehatan.

Bukan sebatas itu saja, Freeport juga berusaha untuk melakukan pengendalian terhadap beberapa penyakit agar tidak mewabah di Papua, usaha yang dilakukan Freeport antara lain seperti Program Pengendalian Malaria melalui Malaria Center dengan tujuan Kabupaten Mimika bebas Malaria tahun 2026 dan Program Pengendalian Tuberculosis bersama Lembaga Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK).

Klinik Terapung (sumber: Instagram @freeportindonesia)
Klinik Terapung (sumber: Instagram @freeportindonesia)

(sumber: ptfi.co.id)
(sumber: ptfi.co.id)
Guna menunjang usaha peningkatan kualitas sumber daya manusia masyarakat Papua, Freeport juga melakukan pembangunan infrastruktur dan fasilitas untuk mempermudah akses masyarakat Papua. Bandara Internasional Mozes Kilangin, mulanya digunakan sebagai bandara yang bertujuan untuk menunjang kegiatan operasional PT.Freeport Indonesia, namun kini telah menjadi bandara komersil, sehingga dapat digunakan bagi siapa saja dan mempermudah akses serta konektivitas antar daerah di Papua

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x