Mohon tunggu...
Puteri Shania C
Puteri Shania C Mohon Tunggu... 😆✌🏼

Do what you like.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Media Sosial di Indonesia

6 Mei 2021   16:30 Diperbarui: 6 Mei 2021   16:43 36 0 0 Mohon Tunggu...

Assakamualaikum, kembali lagi dengan saya Puteri Shania C dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Saya datang dengan bahasan baru, kali ini tentang bagaimana sudut padang saya sebagai pengguna media sosial di Indonesia.

Teknologi pada era globalisasi saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat karena penggunanya yang semakin bertambah dari waktu ke waktu. Teknologi informasi sudah memasuki lini kehidupan masyarakat tanpa disadari segala aktivitas yang dilakukan oleh para individu bersangkutan dengan teknologi. Salah satunya yaitu mengakses media sosial di mana saat ini hampir seluruh individu mengakses media sosial untuk berbagai macam kebutuhan yang diperlukan. Media sosial memiliki berbagai macam informasi serta hiburan yang dimana, dapat dengan mudah diakses dan digunakan oleh para penggunanya. 

Segala informasi yang berada pada belahan negara mana pun dapat dengan mudah dicari dengan cara penggunaan media sosial. Semakin banyaknya pengguna media sosial maka semakin banyak juga Interaksi yang dilakukan oleh para penggunanya untuk mengakses sebuah informasi serta komunikasi yang dijalin. Berbagai macam platform yang tersedia pada media sosial dalam mendukung interaksi antara pengguna nya atau pun mencari informasi serta video-video yang ingin ditonton.

Kelompok masyarakat saat ini hampir tidak mungkin tidak mengetahui eksitensi dari media sosial. Tanpa banyak orang yang menyadari, pada kenyataannya memang media sosial dengan segala kontennya terus hadir mengiringi rumpun kehidupan masyarakat luas. Media sosial sendiri dapat diartikan sebagai sarana untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, karena pengguna berinteraksi dengan pengguna lain dan mengakses data melalui perangkat aplikasi khusus namun perlu melalui koneksi internet. 

Media sosial atau yang biasa dikenal dengan merupakan bagian dari media yang kini diyakini paling banyak digunakan, jelas kiranya bahwa pengguna dalam media baru atau media sosial sangatlah banyak karena media sosial berperan penting dalam menunjang penyebaran informasi dan berkomunikasi dalam berbagai bidang bagi masyarakat luas. 

Ada banyak alasan mengapa pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia data perkembangannya sangat tinggi, salah satu alasan media sosial banyak digunakan adalah karena media sosial sangat mudah untuk diakses oleh siapa saja, sehingga memungkinkan segala aktivitas individu untuk berinteraksi dengan individu lainnya, lalu berkomunikasi, serta mencari berbagai informasi dengan mudah. 

Salah satu contoh media sosial yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia, salah satunya saya, ialah Instagram. Dari penelitian We Are Social data statistik penggunaan media sosial di Indonesia pada Oktober 2020 sebesar 160 juta pengguna aktif media sosial dengan Instagram sebagai media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia (79.00%). Instagram banyak digunakan oleh penggunanya sebagai sarana mengekspresikan kepribadian diri masing- masing, karena pada dasarnya media sosial Instagram bisa dengan mudah diakses untuk membagikan foto maupun video. Tujuan Instagram sendiri sebagai sarana membagikan kegiatan yang ingin dibagikan, baik itu foto maupun video. 

Berbicara mengenai media sosial tidak hanya mengenai suatu komunikasi yang dijalin antar penggunanya namun didalam media sosial pun terdapat segudang ilmu yang dapat diakses dengan mudah. Misalnya, pada saat ini ini dimana hampir seluruh negara sedang mengalami sebuah musibah yang bernama pandemi Covid-19. Pandemi tersebut mengharuskan para masyarakat untuk meminimalisir kegiatan yang berinteraksi langsung sehingga media sosial menjadi satu-satunya solusi dalam hal ini.

Dalam menunjang proses pembelajaran media sosial memiliki kedudukan yang sangat penting karena pada media sosial menciptakan suatu interaksi antar individu namun tidak melalui Interaksi langsung. Pembelajaran akan dengan mudah dilaksanakan kan tanpa khawatir tidak diselenggarakannya suatu pembelajaran karena darurat pandemi. Dalam konteks yang positif media sosial dapat diartikan sebagai suatu buku berjalan di mana terdapat segudang ilmu di dalamnya namun dapat diakses dan digunakan tanpa jarak antara ruang dan waktu. Artinya media sosial dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Pada sarana dokumentasi yang di mana media sosial merupakan ensiklopedia mengenai dokumentasi yang dalamnya terdapat berbagai macam konten. Di mana di dalamnya meliputi suatu kelompok dan organisasi maupun perorangan pemanfaatan dengan cara menciptakan suatu kebijakan pada penggunaan untuk media sosial. Media sosial dapat dengan mudah menyebarkan suatu konten dan dimanfaatkan berdasarkan kebutuhan, kepentingan, tujuan dan efisiensi para penggunanya.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa media sosial memiliki kontribusi penting pada kehidupan manusia. Bagaimana kehidupan seseorang dapat berubah dengan mudah karena media sosial misalnya seseorang yang awalnya kecil mengenal suatu media sosial berubah menjadi besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN