Mohon tunggu...
Puteri AfsaPradipta
Puteri AfsaPradipta Mohon Tunggu... universitas jambi

administrasi pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Peran Pendidikan dalam Kemajuan Ekonomi

22 April 2021   19:05 Diperbarui: 22 April 2021   19:10 79 1 0 Mohon Tunggu...

Seperti yang dijelaskan oleh Godfrey Thomson, pendidikan adalah pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan tepat di dalam kebiasaan atau adat tingkah laku, pikiran dan perasannya. Pendidikan dan ekonomi tentu ada kaitannya, kebanyakan manusia yang melakukan pendidikan seperti dengan bersekolah hingga sampai kuliah tentu memiliki target masa depannya masing masing. Semakin tinggi pendidikan yang ditempuh, maka semakin tinggi pula target yang ingin diraihnya. misalnya dengan menginginkan perkerjaan yang lebih berkualitas atau menjanjikan. Jika kita menjalankan pendidikan dengan baik, maka kesempatan kita mendapatkan perkerjaan yang bagus lebih tinggi pula. Dengan kita memiliki perkerjaan yang bagus tentu kita mendapatkan gaji yang bisa membantu ekonomi kita menjadi lebih baik.

Banyak kisah-kisah inspiratif dimana seseorang yang memiliki ekonomi rendah, berputar kehidupannya menjadi lebih baik dan bisa memiliki ekonomi yang lebih dari cukup dikarenakan dengan melewati pendidikan. Banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan menempuh pendidikan yang misalnya kita semakin memiliki pola pikir yang luas, kritis dan berwawasan, jadi kita semakin bisa memikirkan peluang peluang dimasa depan. Bukan hanya sekedar bagaimana bisa mendapatkan perkerjaan dimasa depan tetapi juga bisa berpikir bagaimana agar bisa membuka lapangan pekerjaan. Bahkan sebelum kita lulus dalam menempuh pendidikan pun kita bisa sembari mendapatkan uang yang misalnya bersekolah sambil membuka les privat, tentu ini sangat bisa memperbaiki ekonomi yang ada.

Dengan pendidikan tentu orang bisa sejahtera, bukan hanya bisa memperbaiki ekonomi tapi juga bisa membuat kita menjadi karakter yang lebih baik lagi, setiap pendidikan yang ditempuh kita seperti di upgrade terus menerus hingga kita bisa berfikiran semakin luas dan kritis disetiap waktunya. Ilmu yang kita miliki, skill yang kita dapatkan, serta memiliki karakter yang baik tentu membuka peluang masa depan yang bagus untuk kita kedepannya, dan ini pastinya membuat kita menjadi sejahtera. Seseorang akan menjadi lebih baik karena dengan ilmunya ia dapat mengatur dirinya sendiri. Di bidang ekonomi, semakin tinggi Kualitas hidup suatu negara, semakin tinggi tingkat pertumbuhan dan kesejahteraan suatu negara.

Contoh negara maju dibidang pendidikannya dan mereka maju juga dibidang ekonomi misalnya jepang. Orang Jepang dikenal pintar, sopan, dan penuh semangat. Mereka juga sosok pekerja keras dalam segala bidang. di Jepang, pelajaran tentang etika dan moral lebih diutamakan ketimbang ilmu pengetahuan tidak diherankan lagi kenapa jepang bisa menjadi Negara paling maju di asia. Kondisi ekonomi negara jepang. Ekonominya sangat efisien dan bersaing dalam area yang berhubungan ke perdagangan internasional, tetapi produktivitas lebih rendah di bidang agriklutur, distribusi, dan pelayanan. walaupun jpang memiliki sumber daya alam yang rendah, tetapi perdagangan menolongnya mendapatkan sumber daya untuk ekonominya.

Pendidikan sangat mempengharui ekonomi, tetapi masih banyak yang menggangap sebagai keterpaksaan bukan sebagai kewajiban yang harus dihadapi. Kebanyakan masyarakat kita menganggap bahwa ukuran keberhasilan hidup seseorang dari kemampuan ekonomi seseorang tersebut, memang tidak seluruhnya salah tetapi ada hal yang harus diluruskan. Pemahaman seperti itulah yang mengakibatkan banyaknya orangtua yang tidak menyekolahkan anaknya karena menurut pemahaman mereka, anak-anak tidak sekolahpun bisa mencari uang misalnya bekerja di lading atau sebagai nelayan. Seberapa penting pendidikan untuk pembangunan ekonomi suatu bangsa menjadi pertanyaan yang sebenarnya bisa dipahami setiap orang. 

Pendidikan merupakan investasi yang sangat menentukan bagi kehidupan individu, masyarakat, bangsa dan negara. Perhatian dalam pengembangan sumber daya manusia harus diberikan oleh pemerintah dan masyarakat. Pendidikan merupakan upaya strategis untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia tersebut. Pada sisi lain alokasi dana pendidikan di Indonesia. masih sangat kecil sehingga menjadi salah satu kendala pengembangan pendidikan. Upaya pemerataan pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan daerah dan potensi yang dimiliki masing-masing daerah tersebut. Aspek pengembangan sumberdaya manusia merupakan isu utama dalam menghadapi globalisasi ekonomi sehingga perlu menjadi prioritas dalam pembangunan negara.

VIDEO PILIHAN