Mohon tunggu...
Puspita Sari
Puspita Sari Mohon Tunggu... Mahasiswi

Sedang menempuh studi manajemen

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Modal Sosial dalam Konsep Keislaman

4 Desember 2019   20:09 Diperbarui: 4 Desember 2019   20:22 71 0 0 Mohon Tunggu...
Modal Sosial dalam Konsep Keislaman
Source: uswarwatch.org

Oleh Puspitasari

Human Development Report
Menurut data dari United Nations Development Progamme (UNDP)[1], nilai Human Development Report (HDR) atau biasa disebut Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2018 ada diurutan ke 116 dari 189 negara yang ada, dengan nilai Index IPM berkisar 0.694, atau stagnan dari tahun 2017 yang lalu.

Index IPM ini, menggambarkan kondisi kesejahteraan dalam suatu Negara, karena IPM dibentuk oleh tiga dimensi dasar yaitu[2] Umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak.

Dengan demikian, rendahnya peringkat IPM Indonesia menunjukan bahwa tingkat kesejahteraan manusia Indonesia masih berada di tingkat yang rendah.

Padahal, index IPM ini merujuk kepada konsep basic human capabilities, dapat dikatakan bahwa kemampuan masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan dasarnya saja masih sangat susah. Dengan kata lain, bukannya hidup berkecukupan, masyarakat Indonesia masih belum dapat terbebas dari lilitan kemiskinan.

Hal menarik yang dapat dicermati adalah, dari hasil sensus penduduk tahun 2010, jumlah penduduk Indonesia adalah 239,89 juta jiwa, dimana 87,17% atau 209,12 juta jiwa diantaranya adalah penduduk beragama muslim.

Selain Indonesia, Negara-negara muslim lainnya pun index IPM nya masih dibawah Negara-negara Eropa, Latin Amerika, dan juga Asia Timur dan Pasifik.

Apakah potret rendahnya IPM di Negara-negara muslim ini serta merta menggambarkan bahwa ada korelasi antara islam dan kemiskinan? Tentu kita perul hati-hati dengan fallacy of dramatic instance seperti ini. Selain secara teologis Islam tidak mengajarkan umatnya untuk miskin, banyak juga Negara non- muslim lainnya yang hidup dibawah garis kemiskinan.

Namun, kita sebagai umat muslim juga jangan sampai terjebak dalam pembelaan diri yang berlebihan. Sambil terus mempelajari secara otentik ajaran-ajaran Islam yang mendorong kemajuan, umat Islam, khusunya yang ada di Indonesia harus terus berupaya untuk mengindentifikasi faktor-faktor pemacu peningkatan indeks IPM Indonesia itu sendiri.

Social Capital
Dapat kita setujui bahwa pembangunan tidak hanya berkaitan dengan modal ekonomi saja. Telah banyak studi yang menjelaskan bahwa pembangunan tidak hanya saja dilandasi oleh model ekonomi saja, namun juga memiliki keterkaitan dengan modal sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN