Mohon tunggu...
Puspa Sari Dewi
Puspa Sari Dewi Mohon Tunggu... Penulis - A long life learner

Penulis 18 antologi dan 1 buku solo Ranum Email : 1991saripuspa@gmail.com https://www.instagram.com/saridewi_nn

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Akan Melakukan Pengembangan Sektor Pangan Jika Menjadi Presiden

3 Desember 2021   05:34 Diperbarui: 3 Desember 2021   06:36 55 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
pinterest/adelia_monthe

Menjadi Presiden bukanlah hal yang gampang. Selain pencalonan yang ketat tentunya juga harus mempunyai visi dan misi yang dapat membawa kemajuan bagi bangsa. 

Bukan itu saja, seorang Presiden juga harus memberikan solusi tentang masalah yang sedang terjadi di masyarakat. Sehingga kehidupan rakyat akan menjadi semakin baik ke depannya.

Indonesia adalah negara yang kaya, karena memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Ditambah lagi dengan letak geografis yang berada dekat dengan lautan dan juga memiliki hamparan pegunungan yang subur. 

Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak mendapatkan sumber pangan. Lantaran, iklim tropis yang memungkinkan bercocok tanam dan melaut sepanjang tahun.

Sayangnya, ada banyak kekayaan pangan yang belum tereskplorasi dengan baik, sehingga ketahanan pangan terganggu. Oleh karenanya diperlukannya pengembangan sektor pangan yang terarah. Agar Indonesia mampu mencukupi kebutuhan pangan dalam negeri serta memperluas market pasar sumber pangan Indonesia secara global ke seluruh dunia.

Langkah-Langkah Pengembangan Sektor Pangan

Untuk mendapat hasil yang optimal, maka diperlukan langkah-langkah terstruktur agar tujuan pengembangan di sektor pangan dapat terwujud. Diperlukannya peran serta masyarakat beserta jajarannya untuk mendukung setiap perubahan. Berikut adalah langkah yang dapat diambil untuk mendukung pengembangan tersebut.

1. Pengembangan Sektor Pangan Dengan Metode Terasiring

Pemanfaatan pengembangan sektor pertanian padi secara maksimal bagi daerah yang tanahnya cocok untuk ditanami padi. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan sistem terasiring. Cara ini mempunyai manfaat untuk menahan kecepatan air. Sehingga air yang diserap tanah akan memiliki peluang besar untuk diserap.

Jika curah hujan tinggi, maka metode terasiring dapat membantu untuk mengatur laju air. Dengan terasiring juga dapat menghindari terjadinya longsor atau ambrolnya tanah. Jadi dapat mengurangi risiko rusaknya lahan pertanian akibat tanah ambrol atau banjir karena genangan air.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan