Mohon tunggu...
Puspa Arum Mekaridanto
Puspa Arum Mekaridanto Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

7 Bahan Alami Atasi Bekas Jerawat

3 September 2018   16:42 Diperbarui: 3 September 2018   17:00 445 0 0 Mohon Tunggu...

Ketika wajah berjerawat pasti merasa kurang percaya diri untuk tampil di depan umum. Rasanya rela melakukan segala cara agar jerawat di muka bisa hilang dengan seketika.

Mencoba-coba beragam jenis perawatan sudah dilakukan. Mulai dari sabun cuci muka khusus kulit berjerawat, masker khusus jerawat, krim muka khusus jerawat, dan lainnya telah dicoba. Namun, jerawat masih saja tampil di muka.

Selain harganya yang tidak murah, memakai serangkaian produk tersebut belum tentu baik untuk kulit. Pasalnya, bahan kimia akan terus-menerus masuk kepermukaan kulit sehingga menyebabkan efek samping.

Dengan begitu, banyak yang memilih bahan alami agar lebih sehat dan murah. Dilansir dari CNNIndonesia, beberapa bahan alami untuk mengatasi bekas jerawat:

  1. Air lemon, kandungan alami didalamnya mampu mencerahkan kulit.
  2. Cuka apel, terdapat komponen antimikrobial yang berguna untuk mengusir kuman penyebab jerawat.
  3. Lidah buaya, kandungan vitaminnya mampu mengatasi iritasi pada kulit dan mengatasi bekas jerawat.
  4. Baking soda, dapat digunakan sebagai eksfoliator kulit dan meminimalisir bekas jerawat.
  5. Madu, komponen antiinflamasi yang terkadnung membantu memperbaiki kulit yang rusak dan cegah kemunculan jerawat.
  6. Minyak kelapa, kandungan antioksidan, vitamin E dan K membantu memperbaiki kulit dan mendorong pertumbuhan jaringan kulit sehat.
  7. Bawang putih, komponen alicin di dalamnya merupakan bahan alami untuk melawan inflamasi, bakteri, dan sebagai antioksidan.

Ada beberapa faktor penyebab kulit berjerawat, diantanya adalah masa pubertas. Pada masa pubertas, produksi kelenjar minyak akan meningkat dua kali lebih banyak dari yang dibutuhkan kulit.

Selain itu, perubahan hormon pada wanita menjadi salah satu faktor terbesar. Biasanya saat menjelang menstruasi hormon wanita menjadi tidak seimbang sehingga timbul jerawat.

Kebiasaan buruk sehari-hari juga dapat menjadi faktor timbulnya jerawat. Secara tidak sadar, memegang wajah dalam keadaan tangan kotor dapat menimbulkan jerawat. Ketika menyentuh wajah, kotoran pada tangan akan menempel di kulit dan menyumbat pori-pori.

Penggunaan kosmetik yang tidak tepat dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan komedo. Sebaiknya, jika kulit berjerawat pilih kosmetik khusus kulit berminyak dan berjerawat. Jika perlu, tidak usah menggunakan kosmetik secara berlebihan.

Kebiasaan buruk lainnya yaitu saat timbul jerawat di wajah sering memegang dan memencet jerawat. Memencet jerawat tidak akan menghilangkannya dengan cepat, namun malah menimbulkan bekas yang sulit hilang di wajah.

Jerawat juga dapat timbul dari makanan yang dimakan. Disarankan untuk menghindari makanan manis, makanan berminyak, susu, telur, dan kacang-kacangan. Dengan rajim mencuci tangan, membersihkan wajah dengan benar, dan konsumsi makanan yang tepat dapat terhindar dari timbulnya jerawat.

VIDEO PILIHAN