Mohon tunggu...
Puspa Arum Mekaridanto
Puspa Arum Mekaridanto Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Ternyata Tomat Baik untuk Paru-paru Perokok

8 Agustus 2018   15:05 Diperbarui: 8 Agustus 2018   17:04 408 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ternyata Tomat Baik untuk Paru-paru Perokok
stylecraze.com

Tomat, sayuran berwarna merah ini sudah dikenal memiliki banyak manfaat. Sayuran ini pun bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus atau dimasak menjadi hidangan yang bernutrisi tinggi.

Nutrisi dalam 150 gram tomat mentah mengandung vitamin A, C, K, folat, dan kalium. Selain itu, dalam tomat juga mengandung senyawa tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan seperti likopan, beta-karoten, narigenin, dan asam glorogenik.

Salah satu manfaat tomat yang belum banyak orang ketahui adalah tomat baik untuk kesehatan paru-paru perokok.

Mengutip CNNIndonesia, penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins Blomberg School of Public Health in Baltimore. Penelitian yang dipublikasikan dalam European Respitory Journal ini menyebutkan bahwa konsumsi tomat berkaitan dengan risiko rendah penurunan fungsi paru-paru akibat merokok. Para peneliti menganggap hal itu menggambarkan bahwa tomat mampu memperbaiki kerusakan paru-paru mantan perokok.

Para penelitian mengontrol faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, indeks masa tubuh, status sosial-ekonomi, aktivitas fisik, dan asupan energi. Dari penelitian tersebut didapatkan mereka yang mengonsumsi lebih dari dua buah tomat dalam sehari, dilaporkan lebih rendah untuk berisiko mengalami penurunan fungsi paru-paru.

Tomat juga sering dikenal sebagai sayuran yang dapat membantu mengurangi kanker. Kandungan likopen dikaitkan dengan penururan 31% risiko kanker pankreas pada laki-laki dengan asupan tertinggi dan rendah. Uniknya kandungan likopen lebih banyak ditemukan pada tomat yang sudah dimasak.

Fungsi lain likopen yang terkandung dalam tomat juga sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari dan sinar ultraviolet.

Selain itu, tomat juga dapat menjaga sistem pencernaan karena serat yang terkandung pada tomat dapat membantu merangsang gerakan peristaltik pada otot pencernaan yang halus dan melepaskan cairan lambung sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Untuk kecantikan, biasanya tomat sering digunakan sebagai masker wajah dan dapat mengatasi kulit berminyak, mencegah jerawat serta komedo.

Sebelum mengkonsumsi tomat, sebaiknya pilih tomat dalam keadaan baik. Kemudian, cuci hingga bersih agar pestisida yang menempel pada dulit tomat bisa hilang dan tidak terbwa kedalam tubuh.

Perlu diperhatikan juga rutinitas mengkonsumsi tomat agar didapatkan manfaat yang maksimal. Dengan dibuat menjadi jus merupakan salah satu cara asik untuk mengkonsumsi tomat.

Dan yang terpenting, berhentilah merokok dari sekarang. Karena rokok dapat membahayakan kesehatan perokok aktif maupun pasif.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x