Mohon tunggu...
Puspa Arum Mekaridanto
Puspa Arum Mekaridanto Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

5 Gejala Infeksi Ginjal yang Perlu Diketahui

27 Juli 2018   15:16 Diperbarui: 27 Juli 2018   15:22 0 0 0 Mohon Tunggu...
5 Gejala Infeksi Ginjal yang Perlu Diketahui
healthandsymptoms.com

Penyakit infeksi ginjal pada dasarnya bisa menyerang berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.Infeksi ginjal merupakan peradangan atau iritasi yang terjadi pada ginjal sehingga menyebabkan ginjal tidak dapat berfungsi dengan optimal.

Penyakit ini terjadi ketika bakteri dari saluran kemih bagian bawah menyebar hingga ke organ ginjal. Bakteri yang paling umum menyebabkan infeksi ginjal adalah bakteri E. coli yang biasa terdapat pada kotoran manusia.

Mengitip dari CNNIndonesia, berikut ini ciri-ciri infeksi ginjal:

1. Urine berdarah dan bernanah

2. Rasa sakit di samping perut dekat dengan area ginjal

3. Lelah berlebihan

4. Sering buang air kecil

5. Demam sampai mengigil 

Wanita menjadi yang paling rentan mengalami infeksi ginjal. Alasannya yaitu karena jarak anus dengan saluran uretra sangat dekat sehingga mempermudah bakteri menyebar ke uretra.

Untuk menghindari penyakit infeksi ginjal ini sebaiknya selalu menjaga kebersihan intim. Kemudian, mencuci organ intim dengan cara yang benar, menghindari seks bebas, hindari menggunakan kateter, mencukupi asupan minum setiap hari, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal terpenting untuk mencegah infeksi ginkal adalah tidak menahan buang air kecil karena bisa meningkatkan risiko perkembangn bakteri di saluran kemih dan bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal. Mengkonsumsi banyak cairan merupakan cara yang tepat karena dapat membuang bakteri dari ginjal dan mencegah dehidrasi.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x