Mohon tunggu...
Purwati Swari
Purwati Swari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Nilai-Nilai Moral dalam Peristiwa Sejarah

4 Desember 2022   12:50 Diperbarui: 4 Desember 2022   12:55 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Ni Putu Purwati Swari

NIM : 2214021003

Prodi : Pendidikan Sejarah

1. Perjuangan, dari setiap perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan Indonesia demi mewujudkan kemerdekan tentunya tidak lepas dari rasa perjuangan yang sangat tinggi sehingga mampu mengusir penjajah dan mempersatukan bangsa Indonesia menjadi negara kesatuan serta memiliki semangat juang yang tinggi. Dalam hal ini kita sebagai warga negara yang baik tentunya harus terus mempertahankan nilai dari semangat perjuangan tersebut, jika kita ingin menjadi negara yang kuat tentunya harus bersatu berjuang bersama-sama demi kepentingan yang nantinya akan kita dalam berbangsa dan bernegara sehingga terciptalah suasana yang nyaman dalam suatu semangat perjuangan, yang mampu membuktikan bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki keinginan untuk berjuang bersama-sama. Kekuatan suatu bangsa itu ada dalam semangat dari mesyarakatnya yang memiliki jiwa persatuan tinggi untuk selalu menjaga keharmohisan dalam negara agar tidak terciptanya suasana yang mampu merusak persatuan. Kita sebagai sebuah negara yang besar selalu memiliki tantangan yang nantinya akan memicu perpecahan, akan tetapi tetap saja kita harus bijak dalam berfikir agar tidak mudah percaya akan ucapan oknum-okmun tersebuat. Apalagi sekarang masyarakat sudah mulai cerdas dalam berfikir sehingga tau mana yang baik dan mana yang salah. 

2. Cinta Kasih, dalam hal ini Indonesia memiliki banyak sekali tantangan yang pernah ada pada saat peristiwa sejarah. Tentunya hal itu tidak lepas dari nilai cinta dan kasih yang tertanam dalam diri para pahlawan yang pada saat itu tidak tega melihat penderitaan yang dialami bangsa Indonesia pada zaman penjajahan kolonialisme pada saat itu. Dalam hal ini sebagai warga negara yang memiliki rasa nilai cinta dan kasih harus saling menjaga dan mempertahankan semangat cinta kasih terhadap tanah air. Dengan cara-cara sederhana melalui kegiatan kebersamaan sebagai warga negara untuk terciptanya suasana yang penuh cinta dan kasih bagi negara Indonesia. Dari dalam negeri sendirilah yang menyebakan timbulnya rasa cinta dan kasih sehingga mampu dibuktikan dengan semangat perjuangan untuk membela negara dan saling mengasihi sesama warga negara walaupun berbeda kenyakinan. Seperti halnya saat ada saudara kita yang tertimpa bencana alam, pastilah kita tidak tega melihat penderitaan mereka. Maka rasa cinta dan kasih kita terhadap tanah air sudah terlihat dari cara membantu sesama warga negara. 

3. Persatuan, kita tentu tau bahwa negara Indonesia terdiri dari begitu banyaknya suku dan adat yang pada saat itu sangat sulit untuk di persatukan menjadi sebuah negara. Tetapi dengan terus mencoba akhirnya negara Indonesia pada saat ini mampu untuk saling bersatu dalam satu negara kesatuan yaitu Republik Indonesia. Dalam hal ini masih saja ada oknum-oknum yang ingin memecahbelah persatuan Negara Indonesia melalui cara-cara yang sangat merugikan bangsa kita. Untuk mengatasi hal ini kita sebagai masyarakat harus lebih paham dan mengerti bahwa setiap kali ada yang ingin merusak persatuan bangsa Indonesia, maka harus kita ingat setiap negara pasti akan selalu memiliki semangat persatuan karena jasa dari para pahlawan tidak boleh sia-sia. Seperti yang kita tau saat ini negara kita selalu mengalami konflik-konflik yang sering kali menyebakan kerusuhan dalam persatuan, akan tetapi itu menjadikan negara kita semakin kuat untuk bersatu. Mengapa demikian? karena dari tantangan itulah jiwa semangat perjuangan akan terliat dari cara kita berjuang bersama-sama mengatasi konflik tersebut. Karena di zaman sekarang sudah modern dimana masyarakat sudah tau akan hal-hal yang mampu memicu perpecahan. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan memanglah sulit karena harus melawan musuh yang tidak terlihat, akan tetapi kita harus yakin bahwa semua itu pasti akan dapat diatasi jika kita berjuang bersama-sama dengan penuh kenyakinan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang kuat dan tidak mudah untuk di pecah belah seperti kaca.

4. Ketuhanan, negara Indonesia tidak bisa lepas dari nilai moral yang satu ini, mengapa demikian? Kita tentu tau bahwa dalam pancasila yaitu sila pertama menyatakan bahwa Ketuhanan Yang Maha Esa. Dalam sejarah kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari adanya doa-doa yang diucapkan oleh masyarakat Indonesia pada saat itu, karena setiap doa dari berbagai keyakinan ini lah yang menjadi bukti bahwa meskipun ada berbagai jenis agama di Indonesia, tetap bisa memerdekakan diri sebagai negara yang memiliki banyak keyakinan dan tidak lepas dari adanya kepercayaan bahwa kita bisa bersama dalam satu negara walaupun memiliki banyak agama dan kenyakinan masing-masing. Di Indonesia sudah mulai banyak sekali adanya oknum-oknum yang ingin menggunakan agama sebagai alat untuk memecahbelah persatuan negara kita. Mereka ada yang ingin menghapus ideologi pancasila demi kepentingan tertentu. Saat ini masih banyak sekali tantangan yang datang menimpa negara kita, akan tetapi masyarakat Indonesia juga sudah paham dengan baik bahwa pancasila itu tidak boleh digantikan dengan ideologi lain, seperti contohnya dulu adanya ideologi komunisme dan ideologi liberalisme yang ingin menggantikan pancasila namun gagal dan masih banyak lagi tantangan-tantangan yang pernah dihadapi dalam mempertahankan pancasila terutama sila pertama.

5. Rela Berkorban Demi Bangsa dan Negara, para pahlawan bangsa Indonesia selalu siap menghadapi penjajah yang pada saat itu masuk ke Indonesia dengan tujuan tertentu Inilah bukti bahwa kita harus selalu siap berkorban demi mempertahankan kesatuan bangsa Indonesia yang pada saat itu telah dibangun dengan penuh keringat dan tumpah darah dari para pahlawan sehingga kita bisa menikmati kemerdekaan tanpa perlu meneteskan darah lagi. Untuk itu jika ada yang ingin memecahbelah negara kita, maka kita harus selalu siap untuk berkorban mempertahankan kemerdekaan karena itu merupakan kewajiban kita sebagai warga negara. 

6. Rasa Tanggung Jawab, dalam sejarah Indonesia tidak lepas dari adanya tanggung jawab untuk bersatu dalam upaya mempertahankan kemerdekaan yang telah dicapai. Maka dari itu kita sebagai warga negara yang baik harus selalu mengingat akan tanggung jawab terhadap negara, dengan cara mengabdikan diri untuk kepentingan negara kesatuan Indonesia. Melalui cara-cara kecil seperti tidak lepas dari tanggung jawab membantu sesama dengan tulus iklas sehingga bisa saling menghargai dalam kebersamaan. 

7. Toleransi, dalam hal ini tidak lepas dari adanya ikatan kuat antar sesama demi mempertahankan kemerdekaan melalui semangat untuk hidup bersama-sama dengan saling melengkapi diantaran perbedaan yang ada. Dari suku, adat dan agama yang begitu banyak tentunya kita harus saling mengerti bahwa hidup itu berdampingan dengan cara hukun dan saling toleransi sehingga terciptalah suasana yang nyaman bagi kita. Seperti tidak mengganggu teman yang sedang beribadah, saling bersosialisasi antar warga negara yang berbeda keyakinan, saling membantu, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dalam menciptakan suasana nyaman dalam bermasyarakat. Maka akan terciptalah bantuk dari rasa juang toleranti yang tidak sia-sia sebagai bukti bahwa Indonesia adalah negara yang penuh dengan semangat juang dan toleransi yang tinggi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun