Mohon tunggu...
Purwanto Hadi
Purwanto Hadi Mohon Tunggu... Guru dan Penembang Jawa

"....jangan menunggu sempurna untuk berkarya..."

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sekilas Tentang Purwanto Hadi

27 Juli 2018   09:35 Diperbarui: 27 Juli 2018   09:36 2477 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sekilas Tentang Purwanto Hadi
dok.pribadi

Purwanto Hadi, saat ini dipercaya sebagai Wakil Ketua Federasi Guru TIK dan KKPI Nasional (FGTIKKNAS), organisasi profesi yang mewadahi guru TIK dan KKPI seluruh Indonesia, sejak tahun 2015.

Lelaki yang berulang tahun setiap tanggal 31 Desember ini, menyelesaikan pendidikan masternya di Jurusan Teknologi Pendidikan UNS Surakarta tahun 2009, setelah sebelumnya menyelesaikan dua pendidikan S1 pada jurusan Pendidikan Sejarah dan jurusan Teknik Informatika.

Kiprahnya di dunia pendidikan di awali sebagai praktisi pendidikan luar sekolah sejak tahun 1997. Sebagai owner salah satu Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Victory Computer Ngawi, beliau dipercaya sebagai ketua DPC HIPKI (Himpunan Penyelenggara Kursus) Kabupaten Ngawi selama 10 tahun.

Dalam dunia pendidikan formal, profesi guru IT di sandangnya sejak tahun 2005, hingga mengantarkan beliau sebagai ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (MGMP-TIK) Kabupaten Ngawi sejak tahun 2012 hingga sekarang.

Jejak kiprahnya ditingkat nasional, di mulai sejak tahun 2013 sebagai Tim Pengembang Modul Implementasi TIK dalam Kurikulum 2013, Narasumber Nasional TIK, Instruktur Nasional Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) TIK serta Narasumber Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). 

Pria murah senyum ini, terlibat dalam berbagai Focus Group Discussion tentang kebijakan Guru, seperti Penyusun Juknis Guru TIK, Perhitungan Beban Kerja Guru, Penilaian Kinerja Guru dan Indek Kinerja Guru di bawah inisiasi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selain mengajar di kelas, menjadi pemateri di berbagai seminar, workshop, dan bimbingan teknis menjadi rutinitas beliau, hingga mengantarkan beliau berkeliling Indonesia. Bahkan beberapa kali sempat menimba ilmu di luar negeri. 

Pria humoris yang mempunya prinsip "Janganlah menunggu sempurna untuk berkarya" ini, mempunyai mimpi besar untuk menggeser paradigma pendidikan yang kaku, memberatkan dan menyulitkan menjadi pendidikan yang mudah, menyenangkan dan berkualitas.

Bapak berputra dua, yang beristrikan seorang guru ini, hobi berat menyanyi selain membaca dan menulis. Opini-opini beliau banyak ditulis dalam blog http://kompasiana.com/purwanto_ngw

#Terus_Berihtiar_untuk_Pendidikan_Berkemajuan

#Jangan_Menunggu_Sempurna_untuk_Berkarya

#Salam_Pendidikan

VIDEO PILIHAN