Mohon tunggu...
Purwanto Siagian
Purwanto Siagian Mohon Tunggu... Freelancer - Bekerja sesuai naluri

Motto: He hath make all things beautiful in its time. Jika Dia sdh membuka jalan, tidak seorangpun bisa menghalanginya.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Jokowi Hebat, Indonesia Hebat

1 Juli 2022   00:28 Diperbarui: 1 Juli 2022   00:41 243 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presiden Jokowi Bertemu Presiden Putin di Kremlin. From: MetroTVnews

Jokowi luar biasa, Indonesia Luar Biasa

Presiden Jokowi menjadi pemimpin pertama di dunia yang mengambil langkah berani dan meluangkan waktunya yang sangat padat untuk berkunjung ke Ukraina dan Rusia. 

Perjalanan yang sangat beresiko sekaligus membuka mata dunia kepada sosok Pak Jokowi dan Indonesia. 

Beresiko akan keselamatan Pak Jokowi dan Bu Iriana Jokowi bersama dengan Menlu Retno Retno Marsudi dan beberapa staf Presiden termasuk paspanpres yang ikut rombongan. Namun resiko itu seolah dinapikan oleh Pak Jokowi dan tim dan menunjukkan kesediaannya mengemban amanat perdamaian bagi dunia.

Berkunjung ke Negara yang sedang dalam perang bukan hal yang mudah. Penjagaan ketat pun bisa saja bobol dalam kondisi krisis perang seperti yang terjadi di Ukraina -- Rusia saat ini.

Penegasan Jokowi adalah mengemban issue perdamaian dunia menjadi prioritas Indonesia. Berkomitmen untuk mengupayakan missi perdamaian dunia. Missi itu yang diemban oleh Jokowi sehingga merelakan dirinya untuk berkunjung ke Ukraina dan Rusia.

Perjalanan Jokowi ke Kyiv ditempuh dengan usaha yang cukup besar, itu dilakukannya dalam rangka menemui Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky. Setelah tiba di Polandia, Jokowi melanjutkan perjalanan ke Kyiv dengan menggunakan Kereta Luar Biasa atau KLB. 

Jokowi dan Iriana Jokowi beserta rombongan berangkat lewat Stasiun Przemysl Glowny di Przemysl. Misi Jokowi adalah mengajak Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian dengan Rusia. 

Menurut Presiden Jokowi perang harus dihentikan. Sebelum menemui Zelenskyy, Jokowi masih menyempatkan diri untuk melihat puing-puing di kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin. Sangat jelas terlihat wajahnya sangat prihatin akibat perang yang terjadi.

Kerelaan Jokowi juga menjadi messenger antar Presiden Ukraina kepada Presiden Rusia pun dilakoninya, dengan mengedepankan misi dan dampak perang atas kemanusiaan. Termasuk ratusan juta manusia yang mengalami dampak negatif dari perang ini. 

Dampak yang kelihatan adalah terganggunya pasokan makanan, obat, dan keperluan pokok lainnya, serta jalur distribusi yang sulit menjangkau seluruh sudut kota bahkan negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan