Mohon tunggu...
Purwani Wijayanti
Purwani Wijayanti Mohon Tunggu... Administrasi - Hobi Menulis

Berawal dari hobi menulis kutekuni dunia literasi. Walaupun karyaku masih berupa artikel-artikel dan puluhan antologi, tetapi tetap semangat tuk terus menambah ilmu tanpa kenal usia. Sebagai Mak Comblang Joeragan Artikel, PJ Antologi, penulis konten, ghost writer, dan masih ngantor masih kujalani sampai saat ini.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Gelar Wisuda Hybrid, Kombinasi Luring dan Daring

6 Desember 2021   07:44 Diperbarui: 8 Desember 2021   08:17 280 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Hari Minggu, tanggal 5 Desember 2021 merupakan hari bahagia yang dinanti-nantikan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) yang hampir menjadi alumni. STTB menggelar upacara Wisuda Program Sarjana XVI secara Hybrid di tengah pandemi yang masih belum berakhir dengan prokes ketat. Wisuda Hybrid ini merupakan  kombinasi luring dan daring via Zoom. Bagi  wisuda luring, beberapa kali sang pembawa  acara, memperingatkan para wisudawan dan keluarganya untuk menggunakan masker dan sarung tangan yang sudah disediakan  oleh panitia.

Wisuda Program Sarjana XVI yang bertempat di InterContinental Hotel & Resort Dago Pakar, Bandung. Acara wisuda dibuka oleh Ketua STT B, Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. Wisuda Program Sarjana XVI ini juga disiarkan langsung melalui channel Youtube.  Sebanyak 297 orang yang terdiri dari Program Studi Teknik Industri sebanyak 130 orang, Teknik Informatika sebanyak 103 orang, dan Desain Komunikasi Visual 64 orang, diwisuda hari ini.  Wajah bahagia dan sumringah nampak dari raut wajah mereka baik yang wisuda luring maupun daring. Mereka telah berhasil menempuh kuliah dengan rata-rata waktu tempuh empat tahun . Total alumi STTB sampai angkatan XVI atau tahun ini berjumlah 2.200 orang.

Kerja Sama Nasional dan Internasional

            Kehadiran STTB sebagai perguruan tinggi di bidang Teknik dan Desain, makin mendapatkan sambutan positif dan antusias dari berbagai kalangan, baik tingkat Nasional maupun internasional (Singapura dan Jepang). Instansi Internasional antara lain, LITHAN Academy Singapore, yang akan menyalurkan mahasiswa STTB untuk magang ke Singapura. Sementara untuk magang ke Jepang, ada JPY International. Untuk tahun ini dan tahun depan ada kuota untuk 3.000 orang. Ada juga kerja sama dengan Badan Pelindungan Migran Indonesia (BP2MI) yang memberikan kesempatan bekerja di luar negeri bagi mahasiswa dan alumni STTB. Negara tujuan tersebut dengan mekanisme pelindungan pekerja migran yang sangat baik. Di tingkat Nasional sendiri ada kerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat. Kerja sama tersebut meliputi,  bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan pembangunan SDM  unggul di Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat.

Sertifikasi Internasional

 Untuk menunjang daya saing kelulusan perguruan tinggi agar mampu sejajar    dengan perguruan tinggi lain di tingkat nasional  maupun internasional, mahasiswa STTB dibekali Sertifikasi Internasional. Tujuannya, agar mendapatkan pengakuan dari ratusan ribu instansi berskala nasional maupun internasional. STTB juga menangani bimbingan karir baik bagi mahasiswa tingkat akhir maupun alumni untuk memberikan informasi dan konsultasi seputar dunia kerja dan wirausaha. Unit Career Development, namanya.

STTB juga telah tergabung dalam  Indonesia Career Center  Network (ICCN). ICCN ini merupakan sebuah wadah atau sarana berbagi pengetahuan, pengalaman, konsultasi, dan pengelolaan pusat karir perguruan tinggi. ICCN dapat meningkatkan peran layanan profesionalisme di masing-masing perguruan tinggi. STTB juga bekerja sama dengan perguruan tinggi lainnya seperti, ITB, IPB, UI, ITS, Binus University untuk mewujudkan peningkatan karir para mahasiswa dan alumni masing-masing perguruan tinggi tersebut. Selain itu, STTB juga bekerja sama dengan 108 BUMN dan Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi.

Inovasi Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0

            Untuk menajamkan keseriusan dalam kontestasi inovasi bisnis di Era Revolusi Industri 4.0, STTB telah membentuk Lembaga baru yaitu, Pusat Inovasi Bisnis dan Ekonomi Kreatif (P-IBEK). P-IBEK ini fokus pada pengembangan inovasi dan inkubasi bisnis bagi mahasiswa dan alumni yang memiliki passion untuk membangun usaha pada berbagai bidang. Saat ini terdapat berbagai produk inovasi yang sedang dalam tahap prototyping, antara lain: Argumented Reality Tecnology for Education (ARHENA), Transplater Padi Prototype 3, Smart Water  System, Game Board Hotania, Pengupas Kulit Cherry Kopi (Cascara). Beberapa waktu lalu, P-IBEK mengadakan kompetisi Innovation Challenge Day (ICD) 2021 dengan tema "Inovasi untuk Meningkatkan Perekonomian di Masa Pandemi". Dari kegiatan ICD tersebut, menghasilkan 10 besar pemenang yaitu, Oversize-Swa Design Tecnology, Aplikasi Pasar Pengepul (Papul), Aplikasi Skut Bandung, Vabuss Bot Apps, Aplikasi Panen Tani, Aquaponic Portable, Laundryku, Aiidertech, Aplikasi Siap Tani, dan Aplikasi Valoka. Dengan terwujudnya berbagai produk inovasi ini, diharapkan mampu mengurai dan menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.

 STTB Mempunyai Banyak Dosen Kompeten

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan