Mohon tunggu...
Purnawan Kristanto
Purnawan Kristanto Mohon Tunggu...

Purnawan adalah seorang praktisi komunikasi, penulis buku, penggemar fotografi, berkecimpung di kegiatan sosial, kemanusiaan dan keagamaan. Menulis di blog pribadi http://purnawan.id/

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Artikel Utama

Cara Hitung Rating Powerbank

31 Januari 2019   20:26 Diperbarui: 1 Februari 2019   05:12 0 6 0 Mohon Tunggu...
Cara Hitung Rating Powerbank
(dok. pribadi)

Di dunia media sosial dan obrolan sedang beredar foto pengisi daya mandiri (Powerbank) dengan logo "Flight Friendly." Disebutkan bahwa jika di Powerbank tercantum logo tersebut, maka Powerbank itu dapat masuk ke dalam kabin pesawat. Bagaimana nasib Powerbank Anda jika tidak ada logonya, terutama Powerbank keluaran zaman semonow?

Menurut ketentuan Peraturan Menteri Perhubungan no. PM 80 tahun 2017 tentang Program Keamanan Penerbangan Sipil Nasional (PKPN), semua Powerbank dengan rating di bawah 100 Wh dapat dibawa dalam kabin. Tidak ada kewajiban mencantumkan logo tersebut.

Masalahnya tidak semua Powerbank sudah mencantumkan rating Powerbank ini, terutama Powerbank jadul (jaman dulu). Namun sebenarnya konsumen bisa menghitung sendiri rating powerbanknya asal tahu rumusnya.

Langkah pertama adalah melihat kapasitas Powerbank. Kapasitas Powerbank (daya tampung) ini biasanya dinyatakan dalam satuan miliampere-hour (mAh), yakni keluaran arus yang bisa diberikan dalam satu jam. Durasinya tergantung besar arus yang diberikan. Powerbank 10.000 mAh bisa memberikan arus 10.000 mAh selama satu jam, atau 5.000 mAh selama dua jam.

Untuk mendapatkan satuan Wh ini, kalikan angka kapasitas dengan voltase baterai Powerbank.

Misalnya, Powerbank pada gambar sebelah bawah berkapasitas 16.000 mAh dan memiliki voltase baterai 3,6 Volt (V), maka rating energinya= 16.000 x 3,6 = 57.600 mWh (miliwatt-hour). Karena satuannya masih mili, maka angka itu perlu dibagi 1000 lagi supaya satuannya Watt-hour. Angka yang didapat adalah 57,6 Wh. Ini adalah rating Powerbank. Artinya Powerbank pada gambar bawah masih berada di bawah angka rating maksimal 100 Wh.

Pada Powerbank terbaru biasanya sudah mencantumkan satuan Wh di kardus atau di badan Powerbank. Apabila belum, maka pengguna bisa menghitung sendiri dengan cara di atas.

Untuk itu jangan terkecoh bahwa hanya Powerbank dengan logo "Flight Friendly" yang boleh masuk kabin. Itu hanya untuk memudahkan penumpang dan petugas bandara. Bisa jadi itu juga sebagai bagian dari trik pemasaran. 

Kalau petugas di bandara menahan Powerbank Anda dengan alasan tidak ada logo "flight friendly", maka ajak dia untuk berhitung menggunakan rumus di atas.

Jangan buru-buru beli Powerbank baru hanya untuk mengejar logo tersebut.

Salam konsumen cerdas.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x