Mohon tunggu...
Purnawan Kristanto
Purnawan Kristanto Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Penulis

Purnawan adalah seorang praktisi komunikasi, penulis buku, penggemar fotografi, berkecimpung di kegiatan sosial, kemanusiaan dan keagamaan. Menulis di blog pribadi http://purnawan.id/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Menggunakan Easyworship untuk Ibadah di Gereja

28 Februari 2010   05:43 Diperbarui: 26 Juni 2015   17:42 5039 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pengantar Easyworship [EW] adalah sebuah program penampil syair lagu untuk keperluan kebaktian gereja. Ada tiga komponen yang paling penting dalam EW, yaitu syair [teks], gambar [image] dan video. Ketiganya disimpan di dalam database EW. Dengan memiliki database yang lengkap, maka tampilan EW dapat dibuat dengan mudah dan cepat karena cukup memilih dan mengurutkan syair lagu yang sudah tersimpan dalam database. Urut-urutan lagu ini disebut schedulle. Keunikan EW yang lain adalah penggunaan sistem monitor ganda yang berbeda. Hal ini berbeda dengan Powerpoint. Ketika menggunakan powerpoint, kita akan melihat bahwa tampilan yang ada di layar komputer operator sama persis dengan tampilan layar proyeksi. Akan tetapi, di dalam EW, tampilan layar komputer operator berbeda dengan layar proyeksi.  Layar komputer operator menampilkan berbagai control panel untuk mengatur tampilan, sementara layar proyeksi hanya menampilkan hasil dari pengaturan tampilan tersebut. Antar Muka EW Saat menggunakan EW, maka kita akan melihat tampilan layar sebagai berikut: Toolbar: adalah alat-alat dasar yang dimiliki oleh EW. Berikut ini toolbar yang perlu diketahui oleh operator: New: Untuk membuat schedulle baru Open: Untuk membuka dokumen schedulle yang sudah dibuat Save: Untuk menyimpan schedule New Song: Membuat lirik/syair baru Edit Song: Mengubah lirik/syair yang sudah dibuat. Schedulle: adalah urut-urutan lagu yang akan ditampilkan Preview: Jika Anda mengklik salah satu lagu pada schedulle, maka lagu tersebut akan ditampilkan pada layar pratayang [preview] di bagian tengah. Ada dua bagian. Bagian atas menampilkan syair secara keseluruhan, biasanya terdiri dari beberapa bait dan refrein. Jika Anda mengeklik salah satu bait, maka akan ditampilkan pada layar di bawahnya, lengkap dengan backgroundnya. Tombol tayang: Lagu yang ada di layar preview belum dapat dilihat di layar proyeksi. Supaya bisa dilihat oleh jemaat, maka Anda harus mengeklik tombol "Go Live." Pada saat itu, isi syair tersebut akan ditampilkan pada layar tayang [Output View] yang ada di sebelah kanan. Output View: adalah layar yang menampilkan syair lagu yang sedang dilihat oleh jemaat. Layar ini mirip sekali dengan Preview. Pada bagian atas, ditampilkan syair lagu secara keseleuruhan yang dibagi dalam beberapa bait dan refrein. Jika Anda mengeklik bait tertentu, maka hasilnya akan ditampilkan pada layar di bawahnya, lengkap dengan background. Berbeda dengan preview, pada layar output ini tampilan syair lagu dan backgroundnya akan dapat dilihat oleh jemaat. Clear: Tombol untuk menyembunyikan syair lagu. Black: Tombol untuk menampilkan layar hitam Petunjuk untuk Operator

  1. Datanglah 30 menit sebelum ibadah dimulai karena Pemimpin Nyanyian Kebaktian [PNK] kadang harus mengajarkan lagu baru kepada jemaat.
  2. Hidupkan komputer
  3. Nyalakan LCD Proyektor
  4. Klik ikon EW yang ada di dekstop yang bertuliskan tanggal kebaktian hari itu. Misalnya "17 Januari 2010"
  1. Screenshoot
    Screenshoot
  2. Setelah masuk pada program EW, klik schedulle yang ada di bagian teratas, lalu klik Go Live.
  3. Setelah itu, klik urut-urutan lagu, sesuai dengan lagu yang sedang dinyanyikan oleh jemaat.
  4. Jaga konsentrasi, jangan sampai ketinggalan mengklik syair yang seharusnya dinyanyikan oleh jemaat. Lebih baik sedikit mendahului jemaat, daripada ketinggalan. Contohnya: Saat musik masih memainkan intro, sebaiknya sudah ditampilkan bait pertama supaya jemaat segera tahu lagu apa yang akan dinyanyikan.
  5. Saat nyanyian jemaat menjelang baris terakhir, segeralah pindah ke bait atau refrein meskipun jemaat belum selesai menyanyikannya. Jangan khawatir, mereka sudah membaca dan masih mengingat syair terakhir.
  6. Perhatikan aba-aba dari Pemimpin Pujian.  Kadang-kadang mereka mengajak jemaat mengulang lagi syair/bait tertentu. Ikuti saja aba-aba mereka. Biasanya ini dilakukan pada saat lagu persembahan.
  7. Saat musik sedang memainkan interlude, Anda dapat mengeklik "Clear" untuk menyembunyikan syair untuk sesaat.
  8. Saat khotbah, jika pengkhotbah tidak menampilkan poin-poin materi khotbah, klik tombol "black"
  9. Jika pemusik tidak memainkan lagu atau terlambat datang, Anda perlu memutar lagu-lagu yang menghantarkan jemaat memasuki suasana kebaktian. Pakailah program Winamp.  Saat memutar lagu, tidak perlu keluar dari EW, cukup dengan mengeklik tombol minimize.

Selesai kebaktian, berikut urut-urutan yang perlu dilakukan:
  1. Mematikan proyektor LCD menggunakan remote controll
  2. Mematikan komputer dengan benar.
  3. Mematikan tombol power
  4. Mematikan tombol power LCD proyektor

SELAMAT MELAYANI

Pernah diposting di blog pribadi http://purnawan.web.id/

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan