Mohon tunggu...
Purnama Tambunan
Purnama Tambunan Mohon Tunggu... Badminton Lover

""Hidup adalah soal keberanian, menghadapi yang tanda tanya" tanpa kita mengerti, tanpa kita bisa menawar. Terimalah dan hadapilah." (Soe Hok Gie)

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Gideon/Kevin “Kehilangan” Poin Juara Chinese Taipei GP

2 April 2016   21:48 Diperbarui: 2 April 2016   22:11 375 2 2 Mohon Tunggu...

Beberapa waktu lalu saya membaca cuitan salah satu fanpage bulu tangkis, @BadmintonTalk, tentang poin peringkat dunia ganda putra Indonesia, Gideon Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Poin yang diraih Gideon/Kevin dari turnamen Chinese Taipei Grand Prix (GP) pada bulan Oktober tahun lalu tidak dimasukkan dalam perhitungan poin peringkat dunia.

Penasaran, saya segera meluncur ke situs bwf.tournamentsoftware.com, berkunjung ke bagian peringkat dunia pebulu tangkis sektor ganda putra. Poin peringkat dunia Gideon/Kevin per 31 Maret 2016 dapat dilihat pada tautan ini. Rincian poin peringkat dunia Gideon/Kevin tampak pada gambar 1.

Turnamen Chinese Taipei Grand Prix (GP) berlangsung di minggu ke-2 bulan Oktober 2015. Sebelum mengikuti turnamen ini, Gideon/Kevin telah lebih dulu mengikuti turnamen Thailand Open GPG. Pada gambar 1, informasi raihan poin Gideon/Kevin dari turnamen Chinese Taipei GP tidak tercantum. Seharusnya informasi ini dicantumkan 1 strip di atas informasi raihan poin dari turnamen Thailand Open GPG.

Hal yang sama juga terjadi pada poin kualifikasi Olimpiade Rio, yang bisa dilihat pada tautan ini. Rincian poin kualifikasi Olimpiade Rio Gideon/Kevin tampak pada gambar 2.

Gideon/Kevin meraih gelar juara Chinese Taipei GP setelah mengalahkan ganda putra Malaysia, Hoon Thien How/Lim Khim Wah. Apakah hal yang sama terjadi pada poin peringkat dunia Hoon/Lim? Jawabannya tentu bisa dilihat pada poin peringkat dunia Hoon/Lim, ini tautannya. Rincian poin peringkat dunia Hoon/Lim tampak pada gambar 3.

Berbeda dengan Gideon/Kevin, pada daftar poin peringkat dunia Hoon/Lim tercantum informasi raihan poin dari turnamen Chinese Taipei GP.

Selain tidak tercantum pada daftar poin peringkat dunia, nama Gideon/Kevin juga tidak tercantum pada informasi hasil pertandingan Chinese Taipei GP 2015, ini tautannya. Pada tautan tersebut ditampilkan daftar pebulu tangkis dari lima sektor, yang mengikuti turnamen tersebut, lengkap dengan posisi akhir pebulu tangkis serta poin yang berhak diraih. Untuk sektor tunggal putra hasilnya tampak pada gambar 4.

Untuk sektor ganda putra hasilnya tampak pada gambar 5.

Pada daftar tunggal putra, tercantum pebulu tangkis peraih gelar juara. Namun, pada daftar ganda putra, peraih gelar juara tidak tercantum. Jadi, di urutan teratas daftar ganda putra ditempati oleh Hoon/Lim yang keluar sebagai runner up. Bila diperhatikan, dari lima sektor, hanya daftar ganda putra yang tidak mencatumkan pebulu tangkis peraih gelar juara.

Selain tercantum pada situs bwf.tournamentsoftware.com, informasi poin peringkat dunia pebulu tangkis juga tersedia pada situs BWF Fansite. Pada situs tersebut, poin turnamen Chinese Taipei GP masih tercantum pada daftar poin peringkat dunia Gideon/Kevin per 17 Maret 2016, ini tautannya. Berikut ini rincian poin peringkat dunia Gideon/Kevin tersebut (gambar 6).

Namun, entah mengapa, poin dari turnamen Chinese Taipei GP “keluar” dari daftar poin peringkat dunia Gideon/Kevin per 24 Maret 2016, ini tautannya. Berikut ini rincian poin peringkat dunia Gideon/Kevin tersebut (gambar 7).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x