Mohon tunggu...
Purwati Idamaningsih
Purwati Idamaningsih Mohon Tunggu... Guru - Penulis Indie

Purwati Idamaningsih atau yang lebih sering disapa bu Ida oleh para siswanya. Adalah seorang pengajar di MA Masyithoh Gamping dan Di MA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia,. Dunia literasi sudah digeluti sejak masa kuliah di Universitas Tidar Magelang sampai sekarang ini, Beberapa tulisannya berupa cerpen, opini, SST,serta Citicen Jurnalis pernah dimuat di berbagai media seperti Kedaulatan Rakyat, Bernas, Harian Yogya dan Tribun, dan Majalah Candra, majalah Dinas Pendidikan dan Pemuda DIY. Tulisannya juga ada yang sudah dibukukan dalam bentuk antologi salah satu tulisannya ada didalam buku yang berjudul Mozaik Pendidikan kumpulan tulisan penulis Sahabat Candra, Maaf Aku Bukan Super Mom, Buku Haru Biru dari Kementerian Agama serta membuat modul Bedah Soal UN dan Modul Pelajaran Bahasa Indonesia SMA, ditambah buku Antologi terbarunya yang tidak lama lagi terbit yang berjudul Di Balik Sosok Kartini Kementerian Agama DIY. Untuk mengenal lebih jauh dengan penulis bisa mengakses medsosnya melalui FB Purwatiidamaningsih, IG Pur_idaman, WA 081391428705.Email purida68@gmail,com

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

MGMP Bahasa Indonesia MA-DIY Menggelar Pelatihan Menulis Artikel Populer

25 Mei 2022   14:26 Diperbarui: 25 Mei 2022   14:35 62 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

MGMP Bahasa Indonesia MA-DIY

Menyelenggarakan Pelatihan Menulis Artikel Populer

 

Dalam rangka meningkatkan guru dalam kepenulisan. Selasa. 24 Mei 2022, bertempat di MAN 1 Yogyakarta MGMP atau Musyawarah Guru Mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diketuai oleh L.S Wulan Kurniati, M.Pd. Menyelenggarakan pelatihan menulis artikel yang bisa menembus media masa, pelatihan diikuti kurang lebih empat puluh guru Bahasa Indonesia MA seluruh DIY dengan narasumber  yang mumpuni yaitu Brama Aji Putra, S.Kom I. seorang Pranata Humas Kanwil Kemenag DIY.

            Edy Purwanto, S.Pd., M.Pd.Si dari Seksi Guru Bidang Pendidikan Madrasah DIY dalam sambutannya saat membuka acara,   mengatakan bahwa kegiatan pelatihan penulisan yang diselenggarakan oleh MGMP ini sangat bermanfaat bagi guru untuk menambah kompetensi dan penilaian angka kredit  para guru PNS yang akan naik pangkat dan golongan, dengan pelatihan ini diharapkan para guru bisa menulis artikel yang nantinya bisa dipublikasikan dan dimuat didalam surat kabar atau media masa lainnya.

            Peserta pelatihan sangat antusias menyimak penjelasan dari Bramma Aji Putra yang memikat, sehingga para pesertapun termotivasi untuk menulis. Dalam paparannya agar artikel atau opini dapat disukai pembaca yaitu judul  harus memikat, memakai bahasa jurnalistik, re-aktualisasi tema, actual, faktual, dan tajam dalam analisis,” ungkapnya. “Dalam hal menulis bakat hanya mengambil bagian 5% sedangkan 95% nya adalah kebiasaan. Meskipun seseorang tidak memiliki bakat menulis, dia dapat menjadi penulis jika ada kemauan. Modal utamanya adalah kemauan untuk terus mencoba,” paparnya.

Kegiatan Pelatihan ini diselenggarakan sebanyak tiga sesi yaitu pertama IN 1 pemberian materi artikel popular dan sesi kedua ON yaitu penugasan kepada peserta untuk menulis artikel di rumah dan sesi ketiga IN 2 dilaksanakan secara Zoom meeting, semua peserta akan mempresentasikan hasil tulisannya yang nantinya akan dinilai atau dievaluasi oleh narasumber yaitu Bramma aji Putra. Diharapkan dengan presentasi hasil tulisannya, para guru menjadi tahu bahwa tulisan yang dibuatnya sudah layak atau belum jika dikirimkan ke media masa.

Kegiatan pelatihan ini baru sampai pada tahap IN 1, semoga kegiatan ON dan IN 2 bisa berjalan dengan lancar dan sesuai harapan sehingga kegiatan yang diselenggarakan pengurus MGMP Bahasa Indonesia MA DIY ini dapat bermanfaat dan menjadi ilmu yang barokah (Idaman)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan