Mohon tunggu...
E Kumalasari
E Kumalasari Mohon Tunggu... Freelancer - Info Warga

Catatan

Selanjutnya

Tutup

Money

Penawaran Umum Perdana Saham PT Satyamitra Kemas Lestari

20 Juni 2019   09:45 Diperbarui: 20 Juni 2019   10:00 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk, salah satu perusahaan penyedia kemasan karton terintegrasi dan logistik dengan solusi kemasan yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, hari ini menyelenggarakan Pubic Expose, memaparkan rencana Perseroan untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada bulan Juli 2019. 

Perseroan berencana melakukan Penawaran Umum Perdana Saham dengan jumlah penawaran sebanyak-banyaknya 1.300.000.000 Iembar Saham Biasa Atas Nama atau sebesar 32,10% dari modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum dengan nilai nominal Rp100 setiap Iembar Saham, dengan kisaran harga penawaran saham antara Rp150 Rp200 per saham. Perseroan telah menunjuk PT Kresna Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Sesuai dengan yang telah disampalkan dalam PubIlc Expose, masa penawaran awal (bookbuilding) akan berlangsung pada tanggal 13 Juni - 20 Juni 2019, Pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (0JK) diharapkan dapat diperoleh pada tanggal 27 Juni 2019 dan masa penawaran umum (perkiraan) dijadwalkan pada tanggal 14 Juli 2019. Dana yang diperoleh dari hasil IPO akan digunakan sekitar 40% akan digunakan untuk modal kerja Perseroan, yang digunakan untuk meningkatkan persediaan bahan baku kertas baik impor maupun lokal serta untuk penyelesaian implementasi sistem SAP (System Application and Product) yang saat ini sedang berjalan, sekitar 30% akan digunakan untuk pelunasan sebagian hutang bank, dan sisanya sekitar 30% akan digunakan untuk pembelian mesin dan lokasi baru pabrik. 

Ang Kinardo, Direktur Utama PT Satyamitra Kemas Lestarl Tbk mengatakan, "Dengan keyakinan akan pertumbuhan ekonomi di Indonesia di masa mendatang dan pertambahan jumlah penduduk Indonesia yang diimbangi dengan kenaikan pendapatan per kapita penduduk Indonesia dari tahun ke tahun, maka permintaan akan barang konsumsi akan terus meningkat, sehingga pertumbuhan dalam industri pengemasan juga akan meningkat. Sehingga, secara Iangsung hal ini akan memberikan peluang bagi Perseroan untuk terus berkembang dan peningkatan penjualannya dalam setiap tahunnya." 

Ia menambahkan, IPO bagi kami merupakan sebuah Iangkah besar untuk mewujudkan visi kami untuk menjadi pemimpin di industri packaging yang seIalu mengedepankan kepuasan konsumen kami, dan tentunya untuk memperluas strategi bisnis kami dan berkontribusi untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia tentunya. 

Dalam perkembangannya, Perseroan melebarkan lini usahanya dengan menambah layanan-layanan baru berupa penyewaan truk dan logistik untuk memberikan solusi, manajemen transportasi kepada pelanggannya. Perseroan saat ini mempunyai kantor dan pabrik di kawasan lndustri Benua Permai Lestari, Tigaraksa, Tangerang, Banten dengan luas lahan 14 ha dengan bangunan fisik 120.000 m2. Saat ini, Perseroan memproduksi karton gelombang (corrugated carton box) dan kemasan offset untuk berbagai industri di bidang makanan minuman, elektronik, telekomunikasi, sepatu dan lain sebagainya yang memerlukan kotak kemasan untuk memasarkan produk- produknya. 

Sebagian besar pelanggan Perseroan berasal dari sektor consumer dan teknologi, di antaranya Unilever Group, Adidas, Indofood Group, Mayora Group, Haier-Sanyo, Nutricia Indonesia, Great Giant Pineapple, Samsung, Nestle Indonesia, Djojonegoro C-1000, Epson Indonesia, Dollar General, Ecco Indonesia, Walgreens , Jco Donut & Coffee, Samindo Electronics, Oppo, Lenovo, Smartfren dan Polytron. Kedepannya, Perseroan berencana untuk memproduksi jewelry boxes, premium gift products, dan stationery boxes. 

Pertumbuhan perekonomian Indonesia yang terus berkembang dan melaju serta jumlah penduduk Indonesia yan saat ini berjumlah 251 juta, dimana terdapat kelas konsumen sebanyak 45 juta dan usia produktif sekitar 65% dalam perkembangannya ke depan dalam 10 tahun jumlah penduduk Indonesia mencapai diatas 300 juta dan usia produktif 15-64 tahun mencapai 66 % atau 165 juta. Hal ini merupakan kesempatan dan peluang konsumsi yang luar biasa besar dan Iaju Pertumbuhannya cukup tinggi, dengan kelompok dibawah 15 tahun yang cukup besar yaitu 70 juta. Perseroan berharap melalui langkah menjadi perusahaan terbuka dapat membawa Perseroan untuk terus berkembang dan memperkuat bisnisnya di industri packaging Indonesia. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun