Mohon tunggu...
Imam Punarko
Imam Punarko Mohon Tunggu... Guru - Aktivitas membaca dan menulisnya

seorang pengajar yang belajar

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Menariknya Menjadi Blogger

4 Juni 2018   11:49 Diperbarui: 4 Juni 2018   12:08 506
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://www.nhahperd.org

Menulis adalah dunia yang banyak membuat orang menjadi dikenal banyak orang, banyak tokoh terkenal lahir dari tulisannya. Para penulis biasanya punya pengikut sendiri dan dihormati sesuai dengan gaya menulisnya. Tulisan juga punya jangka lebih panjang dari pada usia orang yang menulisnya.

Sejak dulu, dunia penulisan menjadi hal yang menarik bagi saya secara pribadi. hanya saja, ternyata tidak mudah untuk konsisten dalam dunia penulisan. banyak tantangan dan kesibukan yang mendera bagi banyak orang sehingga tulisannya tidak kunjung berkembang.

Saya juga baru memulai menulis dan membuat mencoba membuat tulisan saya layak dibaca lantaran saya mulai menyadari bisa jadi usia kita akan segera berakhir, lalu apa yang membuat kita tetap hidup sementara ruh kita sudah tidak di Jasad. bila mengoleksi banyak harta tentu harta akan habis, melalui tulisan lah saya pikir saya akan terus di kenang. 

Banyak orang bercita-cita mampu membuat buku, bukunya terkenal dan di baca banyak orang. selain itu bukunya jadi referensi, dibaca sebelum tidur, bahkan saat naik sarana transportasi bukunya tetap dibawa. Namun untuk menjadi seperti itu banyak tantangan yang semua orang hadapi, rata-rata orang tidak mengenal siapa diri kita, dan untuk menjadi penulis besar harus ada ketekunan dan keuletan sambil terus meningkatkan keahlian menulis. 

Blog Sebagai Portofolio

Ternyata untuk sampai situ kita butuh portofolio atau istilahnya pengalaman kita yang terekam dan menjadi referensi banyak orang. mulailah saya terfikir untuk membuat blog ini untuk di kembangkan lebih lanjut dan tentu lebih menarik. 

setali tiga uang sambil mengisi blog, saya pandang blog ini kurang menarik mulailah saya mempelajari bagaimana membuat blog saya menarik, baca sana, baca sini. Fakta yang saya temui banyak orang terkenal karena blog, punya pendapatan besar dari blog, ya hitung-hitung untuk jangka pendek bagus juga untuk menyemangati. namun, dari itu semua tujuan utama tidak boleh berubah memberi manfaat untuk orang lain, nanti rezeki juga datang sendiri.

Target utama menjadi penulis buku

Menjadi penulis sebuah buku baik novel, bacaan, atau pelajaran tentu tidak sembarangan orang. tulisan yang menarik menjadi hal paling utama sebab ada jutaan penulis di dunia ini. kita bersaing dalam persaingan yang ketat, mulai dari semangat menulis, kirim ke penerbit, ditolak, di edit, kalau dipasarkan belum tentu buku bertahan lama. 

Menuju kearah sana tentu masih butuh perjuangan ekstra, nah sambil menulis blog terus mencoba melatih diri agar tulisannya sesuai dengan kriteria di atas. selain itu, tujuan memberi manfaat akan dengan sendiri nya di terima oleh pembaca apabila memang tulisan yang kita buat benar-benar bermanfaat.

semoga bermanfaat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun