Imam Punarko
Imam Punarko Guru

seorang pengajar yang belajar

Selanjutnya

Tutup

Energi

Menangkal Dampak Negatif "Gadget"

13 April 2018   14:41 Diperbarui: 13 April 2018   14:51 649 1 0

Perkembangan zaman yang serba modern sekarang ini teknologi gadget mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari awal fungsinya yang hanya sebagai alat komunikasi kini berubah fungsi menjadi alat segala kebutuhan. apalagi gadget sekarang ini sudah seperti kebutuhan primer mungkin menjadi faktor utama setelah kebutuhan makan dan pakaian.

Usia bukan lah lagi penghalang seseorang untuk menggunakan gadget, dikalangan orang tua sekarang ini mulai merasa perlu untuk memberikan gadget ke anaknya yang masih hitungan bulan usianya. sekarang kita tak kan kaget melihat anak yang usianya belum menginjak satu tahun fokus memperhatikan gadget, yang usianya lebih besar lagi mungkin sudah meminta gadget orang tuanya untuk sekedar permainan, untuk usia sekolah dasar pun sekarang ini sudah tidak jarang kita lihat yang pandai melakukan swafoto (selfie) atau melakukan Vlog ( Video Blog), yang Sekolah menengah Pertama (SMP) sudah punya Hp sendiri dan terpassword bahkan orang tuanya tidak tahu, jangan tanya untuk yang sudah menginjak SMA ( Sekolah Menengah Pertama), yang sedang berkuliah, yang sedang bekerja dan yang sekedar IRT( Ibu Rumah Tangga) semua sibuk dengan gadget nya masing-masing.

Proses interaksipun mulai bergeser sekarang ini dari dahulu kita menghabiskan sore atau petang untuk bersosialisasi dengan tetangga, melepas penat setelah seharian beraktifitas di sekolah atau dikantor menjadi duduk di sofa atau tiduran untuk melihat gadget dan melihat perkembangan dari Gadget yang dimiliki. Belum lagi kondisi di sarana angkutan umum yang dahulu kita bisa berbincang dengan orang di sebelah kita menjadi memperhatikan gadget yang dibawanya.

khusus anak yang menggunakan gadget kadang mungkin orang tua tidak memahami bahwa ternyata gadget mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan dan ternyata lebih banyak dampak negatifnya dibandingkan positifnya. dampak ini mungkin ada yang terlihat langsung atau tidak. saya sendiri merupakan ayah dengan dua orang anak yang sangat memperhatikan perkembangan anak-anak saya dirumah. anak sebagai aset terpenting kita baik didunia sampai diakhirat kelak tentu tidak kita harapkan terpengaruh dampak buruk dari adanya perkembangan gadget ini.

sebagai contoh, anak kita akan cenderung tenang ketika bermain gadget namun cenderung sulit di pantau ketika bergerak. hal inilah yang menjadi alasan sebagian orang tua untuk memberikan gadgetnya.