Pulo Siregar
Pulo Siregar wiraswasta

Penggiat Advokasi Nasabah melalui wadah Lembaga Bantuan Mediasi Nasabah (LBMN). Pernah bekerja di Bank selama kurang lebih 15 tahun. Berencana menulis buku yang berkaitan dengan Risiko produk-produk Perbankan. Yang telah terbit sudah 3 buku, yakni: Risiko Kartu Kredit, Risiko Kartu ATM. dan satu lagi buku BEBASKAN UTANGMU 27 Studi Kasus Menyelesaikan Utang Secara legal. (Telah beredar di Toko2 Buku Gramedia seluruh Indonesia)\r\nBagi yang ingin Konsultasi langsung bisa menghubungi:\r\nVia SMS/Whatsapp: 081219699520\r\nVia email: lembagabantuanmediasi@gmail.com Website: www.mediasinasabah.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kisah Pilu Korban Oknum Pengacara Kartu Kredit ( Kisah 3)

25 Agustus 2017   17:27 Diperbarui: 25 Agustus 2017   18:10 700 0 0
Kisah Pilu Korban Oknum Pengacara Kartu Kredit ( Kisah 3)
Dokpri


Kisah ini diolah dari transkript percakapan via Whatsapp antara:

+62 811-xxxx-xxx dengan Pulo Siregar


Selamat sore bapak

Pak  perkenalkan nama saya Errxx, saya baru saja membaca beberapa artikel pak  di internet, yaitu kompasiana.

Saat ini saya mengalami hal yang sama pak, saya memakai jasa pengacara dan sampai saat ini belom ada penyelesaiaan nya, saya mohon pak  bisa membantu saya, apa yang harus saya perbuat pak?

Saya berdoa pak, mohon Tuhan menolong saya,


Pengacara siapa? Yg kantornya dimana? Ceritanya gimana?  Spy saya bisa ngikutin


Saya cerita dari awal ya pak, saya ditawarkan oleh rekan kantor, dimana rekan saya ini sebenarnya juga karyawan baru,Kantor pengacara nya kantor hukum & advokat, Putrx Rajawaxx Nusantxxx pak, saya tertarik karena pertama kk saya ada 5, dan semuanya ada KTA yg masih blm selesai,semua KK saya tidak ada yg overlimit, hya sebatas hutang yg mmg belom selesai,lalu saya dipertemukan dengan pihak marketingnya, saya di minta membayar fee sebesar 25% dari total kredit limit saya dengan pembayaran selama 3 bulan, semua kk saya di ambil pak dengan alasan akan menghubungi pihak bank.

Saya kaget pak  waktu saya tau bahwa ada transaksi2 dimana mereka ternyata menggesek kartu saya tanpa saya tau dan mereka sampai memaksimalkan kredit limit yg tersisa.

Lalu saya menanyakan bagaimana dengan transaksi yang bukan pemakaian saya? mereka bilang tidak ada masalah, pada saat pertama saya menyerahkan kartu adalah 31 Desember 2016 pak, saya diarahkan jika ada org bank yang telp blg salah sambung, di minta kasih no telp yg mereka siapkan.

Saya lupa dibulan keberapa ada debt coll atau org bank saya tidak yakin, datang ke rumah, lalu diberikan surat kuasa untuk diarahkan ke kantor mereka, alamat nya di Komplek Tebet "Gedung Selmxx lt.x", Jl Asem Baris Raya No xxA Kebon Baru - Tebet.

Hari ini datang lagi pak , orang dari bank "M", menanyakan mengenai tagihan saya yang telah bunga berbunga, saya bicara langsung via hp adik saya yang dirumah, saya katakan saya memakai jasa pengacara tsb dan mrk bilang mereka sudah pernah kesana dan hanya di beri uang sedikit.

Saya bilang itikad saya cuma 1, saya ingin melunasi, hanya saja mereka yang selalu bilang sedang dalam proses, sabar pak...sabar pak...

Saya lalu menanyakan ke mereka, saya harus sabar sampai kapan sedangkan angka terus membengkak, dan bagaimana dengan transaksi2 yang bukan saya lakukan?

Org yang mengaku dr bank "M", menanyakan saya sanggup bayar berapa, dan mereka menawarkan untuk membayar 1juta dahulu utk menghentikan bunga nya.

Apa yang harus saya perbuat pak  Siregar? mungkin Tuhan akan menolong saya melalui bapak, mohon petunjuk nya pak .

Terimakasih banyak atas kesediaan pak  untuk mendengarkan masalah saya Berikut adalah no rek yang biasa saya transfer untuk bayar fee, BCA 27217530xx, a/n Sujatmxxx


Berarti udh bayar brp ke mereka termasuk yg mereka ambil sendiri dari kartu kreditnya


Fee saya 25jt pak, sampai saya jual motor pak  utk bayar fee mereka, sedangkan pemakaian saya saat penyerahan kartu hanya sebatas sisa hutang saya dan beberapa cicilan yang belom lunas.

Jadi mereka tanpa saya tau, menggesek semua kartu saya sampai batas limit yang diberikan bank. Saya takut jika mereka benar2 menipu saya, sedangkan tagihan saya belom ada yang terselesaikan sampai saat ini.

Jadi total semuanya yang saya bayar tunai dengan yang mereka gesek jadi 50 jt an pak.

Yang mereka janjikan waktu itu seperti apa ?

Mereka menjanjikan mendapatkan keringanan dari bank sebesar maks 80% dari tagihan.

Apa yang harus saya lakukan pak  agar tidak semakin berlarut?

Saya hanya diberikan copy surat kuasa dan surat perjanjian jasa pengurusan tagihan, yg ada pasal-pasal nya. Harapan saya agar dapat segera diselesaikan dengan jalan keluar terbaik pak  saya memang mengakui kepada keluarga dan orangtua saya, kalo saya terlalu ceroboh pada saat mengambil keputusan untuk menyelesaikan kk saya melalui mereka.


Di bank apa aja? Limitnya brp? Udh nunggak brp bulan jadinya?


Bank BCA, Mega, CIMB Niaga, dan Mandiri pak, BCA limit 45jt, Mega limit 50jt,  Niaga ada 2 pak, 35 jt dan 25 jt,  Mandiri = 16 jt pak, saya terhitung pembayaran terakhir di bulan des 2016

Pak , saya bersedia kasus saya ini menjadi bahan pembelajaran bagi masyarakat luas, sebagai inspirasi bagi mereka yang ingin menyelesaikan masalah kk nya sebelum mengambil keputusan. Jangan sampai seperti saya saat ini.


Sekarang lagi ditagih2 sama banknya atau gimana


Masih ada yg nagih pak, utk BCA tagihan msh ke rmh, katanya mgkn gagal wkt pengalihan.Selebihnya ke email.

Bagaimana saya bs tau pak, jika mrk benar2 menjalankan nya? Krn mereka memaksa saya lagi  utk melakukan deposit kpd mereka dg alasan sbg bentuk utk penyelesaian, jadi jika diskon dr bank turun mrk dg mudah bs langsung proses katanya.

Tapi sy bersikukuh tdk mau melakukan deposit, krn sy katakan kpd mrk, sy kan mau bayar sm bank, knp saya hrs deposit kpd mereka?


Deposit brp lagi katanya?


Dia suruh deposit 20jt, krn dl blgnya kan yg hrs saya bayarkan maks itu 20jt utk smua kartu.

Saya sungguh menyesal dan sedih terjebak dg cara ini. Saya setiap malam berdoa pak, mohon pertolongan Tuhan utk penyelesaian mslh saya ini.

Saya sedih pak , udh ambil jalan yg salah


Haduhh.. benar2 sadis mereka itu ya.


Tujuan sy hya utk melunasi, saya sudah tdk punya uang pak, saya kerja jadi pikiran terus

Pak, berhub sudah malam, maaf saya menganggu, mungkin saya bs bertemu langsung dg pak  jika berkenan, saya akan berkunjung sesuai dg waktu dan tempat yg bpk atur. Terimakasih dan selamat beristirahat pak , selamat malam pak


***


Selamat pagi pak.

Pak, apakah saya bs meminta pertgjwban mereka atas pemakaian kk saya yg sampai overlimit pak?

Tentu Bisa. Dan supaya ada bukti awal, coba disempatkan dulu waktunya untuk  ngambil print out bi checking dari bank indonesia. Nanti akan kelihatan kondisi terakhirnya seperti apa.

Bagaimana sy bs meminta print out bi checking nya pak? Apakah hrs ke bank indonesia pusat?


Langsung ke Bank Indonesia pusat. Yg di jln thamrin. Bagian gerai info. Nanti akan dikasih print outnya..akan kelihatan nanti semua a bank yg ada pinjaman dan statusnya spt apa. Mereka juga akan jelaskan kalau kita minta dijelaskan cara bacanya. Krn itu salah satu tugas mereka utk melayani warga


Saya hanya menunjukan KTP saya pak? Krn utk fisik kk ada di tgn mereka, pak

Saya bersyukur Tuhan mempertemukan sy dg bpk, smg ini jalan Tuhan bt saya pak


Iya. Hanya nunjukin ktp asli. Lalu ngisi form yg mereka sediakan. Ga nyampe sejam atau tergantung antrian akan mereka berikan print outnya. Mereka akan layani dengan baik. Di ruang tunggu nya disediakan minuman dan snack.  Spy seolah berada di rumah sendiri.


Terimakasih byk pak , saya akan segera ke BI pak

Saya akan terus memberi kabar pak  utk perkembangan nya

Ok. Gerai info buka dari jam 8 sampai jam 3. Khusus jumat sampai jam 12

Baik pak, terimakasih

***


Selamat siang pak

Maaf menganggu, saya ingin mengupdate atas kedtgan saya ke ktr lawyer kmrn sabtu

Saya sudah menekankan kpd mrk utk segera di selesaikan penyelesaian kk nya, sy ksh wkt, jika dlm mgu ini tdk ada kabar sy mta pertgjwban utk pemakaian mrk. Jika mrk tdk bs mempertgjwbkan sy akan bersuara akan sy bw masalah ini ke asosiasi peradi.


Seperti apa tanggapan mereka?


Pertama, mrk tetap mengatakan sy hrs deposit utk pelunasan, sy pun bersikukuh utk tdk melakukan deposit krn sy katakan mmg tdk mempunyai dana utk deposit. Dan sy katakan sy bayar ke bank, jd tdk ada alasan utk sy tdk bs melakukan pelunasan krn tdk deposit kpd mereka.

Sy ingin diselesaikan tanpa deposit, mrk blg sabar, akan koordinasi dg bag pelunasan...pokok nya sy ksh wkt mgu ini, hrs ada kabar Rabu bsk sy telp, dan senin depan sy akan lgs kunjungi kembali pak, utk final nya Utk yg 1juta, saya tdk akan penuhi pak Saya berterimakasih atas kebaikan pak  yg terus membimbing saya dan terutama bersedia meluangkan waktu utk saya.

***


Selamat sore pak ,

Saya baru telp, org yg biasa sy hub nga berani angkat telp sy, di oper ke teman nya dg alasan sdg bertemu dg klien.

Saya katakan bertemu klien atau tidak berani angkat telp saya? saya dijanjikan besok dg alasan ingin menanyakan terlebih dahulu ke manajemen mrk, saya bilang sy hanya ksh wkt di minggu ini, dan besok mereka mau ksh kabar seblm jam 12 siang.

Tapi saya ragu, karena setiap mrk bilang mo kasih kabar, nga pernah ditepati, dan saya yg selalu menghub mereka

Waktu sabtu lalu saya sdh bilang sy cuma ksh wkt di minggu ini, setelah ini, sya akan katakan akan sy bawa ke asosiasi peradi.

***


Sore. Lama ga ngontek lagi. Sepertinya sudah ada  perkembangan yang positif dengan  yang pihak Lawyer.


Saya sudah tidak datangi lagi pak Pulo, kata mama saya diiklaskan saja, biar Tuhan yang bekerja atas mereka. Saya juga berterima kasih atas saran dan masukan dari bpk selama ini. Saya sekarang banyak berdoa agar dengan Bank bisa ada jalan keluar.

***

Kisah-kisah Pilu  lainnya:


Kisah Pilu 1

Kisah Pilu 2

Kisah Pilu berikutnya menyusul.