Pulo Siregar
Pulo Siregar Wiraswasta

Penggiat Advokasi Nasabah melalui wadah Lembaga Bantuan Mediasi Nasabah (LBMN). Pernah bekerja di Bank selama kurang lebih 15 tahun. Berencana menulis buku yang berkaitan dengan Risiko produk-produk Perbankan. Yang telah terbit sudah 3 buku, yakni: Risiko Kartu Kredit, Risiko Kartu ATM. dan satu lagi buku BEBASKAN UTANGMU 27 Studi Kasus Menyelesaikan Utang Secara legal. (Telah beredar di Toko2 Buku Gramedia seluruh Indonesia)\r\nBagi yang ingin Konsultasi langsung bisa menghubungi:\r\nVia SMS/Whatsapp: 081219699520\r\nVia email: lembagabantuanmediasi@gmail.com Website: www.medianasabah.com

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Tulisan-tulisan Saya di Kompasiana Diapresiasi Pihak TV One

7 Februari 2014   12:40 Diperbarui: 24 Juni 2015   02:04 507 2 5

Bukan hanya pihak Gramedia grup yang mengapresiasi tulisan-tulisan saya yang di Kompasiana kita yang tercinta ini, yaitu dengan berkenaannya untuk menerbitkan ke dalam bentuk buku, yang padasaat sekarang ini prosesnya sudahpada tahap pembuatan lay out dan kemungkinan besar pada bulan Maret 2014sudah akan terbit.

Akan tetapi pihak TV one juga sangat mengapresiasinya yaitu dengan berencana melakukan liputan yang agendanya membahas tentang proses mediasi sebagaimana yang saya tuangkan dalam tulisan-tulisan saya di Kompasiana inidalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

Seharusnya liputannya dilaksanakanpada hari Selasa tanggal 4 Februari 2014 kemarin, akan tetapi karena adanya kegiatanyang tidak bisa saya tinggalkan, saya minta waktu untuk dijadwal kembali dan sepakatlah untuk dilaksanakannya minggu-minggu depan. Tanggal persisnya akan di informasikan lagi. Mudah-mudahan tidak ada (lagi) aral melintang.

***

Bermula dari adanya BBM dari salah seorang yang meng-invite saya,yang pada display namenya bertuliskan Andry I.

Kemudian berlanjutlah komunikasi kami via BBM yang transkripnyasebagaimana berikut ini:



Participants:
-------------
Pulo Siregar, Andry I

Messages:
---------
Andry I:
Siang pak Pulo, sy andry dr tvone pak...kl kami ingin wwc bapak terkait mediasi kartu kredit apakah bs ? Sy boleh minta no kontak bapak ? Makasi


Pulo Siregar:
Tentu bisa. Dengan senang hati. Tapi darimana saya bisa pastikan bahwa ini dari tvone?

Dan tau mengenai saya darimana?



Andry I:
Sy baca artikel bapak di kompas...kl utk mastikan sy dr tvone bagaimana y pak ? Sy harus buktikan apa y pak ? Hehe..tp sy benar dr tvone pak...nama sy andry irwanto, salah satu produser di divisi Current Affair TVOne



Pulo Siregar:
Oh iya benar. Yg saya tulis itu belum seberapa. Masih banyak sebenarnya contoh2 kasus yg belum sempat saya tulis krn keterbatasan waktu.
Utk membuktikan kebenrannya Foto id cardnya aja kali ya.
maaf nih kalau kurang sopan. Tapi takut ada yg iseng. Hehehhhh ...



Andry I:
Siap baik pak, tp sy sedang d luar, mungkin setengah jam lagi sy kirim y pak



Pulo Siregar:
Oh .. Ok pak Andry. Ditunggu
Andry I:
IMG-20140129-WA000.jpg (37.07 KB)
(Pak Andri mengirimkanName Tag yang dalam Name Tag tersebut ada logo TV one, nama lengkap beliau, Nomor IndukKaryawan170409-xxxx dan paling bawahnya ada tulisan PRESS)

Pulo Siregar:
Wah. Terima kasih nih pk Andry. Sebuah kehormatan nih bagi kami penggiat advokasi nasabah apabila sekelas tv one memberi perhatian kepada upaya2 yg bisa kami lakukan utk membantu nasabah menyelesaikan masalahnya.
Nah. Kebetulan. Tulisan2 saya yg dikompasiana itu mau diterbitkan oleh pihak gramedia.  naskah dan lay outnya udh selesai dikerjakan. Baiknya pas udah terbit dulu atau gimana ya pak. Saya juga lagi minta advis dari pihak penerbitnya nih. Barangkali nanti bisa berkolaborasi.
Saya copy paste konfirmasi naskahnya ya pak utk buktinya. Sebentar  ...



Pulo Siregar:
Selamat siang Pak Pulo,

Saya informasikan bahwa naskah Bapak sudah selesai dilayout. Setelah ini naskah akan saya kirimkan ke alamat Bapak via Pos, agar Bapak dapat mengoreksi naskah tersebut, jika ada kesalahan penulisan atau yang lain. Tetapi  saat ini saya belum memiliki alamat Bapak, mohon dikirimkan alamat lengkap Bapak yaa...
jika memungkinkan, hari ini saya sudah bisa mendapatkan alamatnya, jadi besok pagi Bapak sudah dapat menerima naskah ini untuk dikoreksi.

Kemudian nanti jika naskah sudah selesai dikoreksi, mohon untuk dikirim kembali ke kantor kami ya Pak.
Kira-kira jika naskah saya tunggu hingga hari Selasa, bagiamana Pak..?
Lalu untuk judul, kami sudah berdiskusi, dan menemukan judul yang telah sesuai, yaitu:

Bebaskan Utangmu: 27 Studi Kasus Menyelesaikan Utang secara Legal.

Demikian informasi sementara yang dapat saya sampaikan.
Terima kasih. :)

Salam,

Farah.


Andry I:
Ya kl dr kami tertarik sm proses mediasi nasabah yg telah dilakukan pak pulo selama ini, mungkin sebagai langkah awal pak Pulo bersedia memberikan no kontak bapak ? Biar tim liputan kami (reporter) nanti bs menghubungi bapak utk lebih lanjutnya
Terima kasih banyak sebelumnya atas kesediaan pak Pulo



Pulo Siregar:
Oh ya. Benar. Proses mediasi yg perlu diketahui oleh masyarakat luas. Yg menurut kami kurang tersosialisasi dengan baik. Padahal landasannya ada yaitu peraturan bank indonesia. Sebagai bentuk perlindungan  bank indonesia terhadap nasabah.
No hp saya : 081282082693
Sekali lagi terima kasih atas atensinya.



Andry I:
Baik pak Pulo, terima kasih, nanti akan ada tim liputan kami yg akan berkomunikasi dengan bapak



Pulo Siregar:
Ok pak Andry. Ditunggu. Tksh


***

Selang beberapa hari kemudian, seseorang yang bernama Nano menghubungi saya via SMS. Bunyi SMS dan lanjutan pembicaraan kami melalui sms tersebut sebagaimana yang ada pada transkrip berikut ini:

Nano:

Pagi bang siregar, sy Nano dari tvOne, mau minta waktu buat wawancara seputar jasa abang di dunia kartu kredit, bisa bang?



Pulo Siregar:
oh iya. Bisa pak Nano. Yg informasi dari pak Andry ya. Kapan ya kira2. Spy saya bisa ngatur jadwal


Nano:

Hari selasa bisa bang?



Pulo Siregar:
Pada dasarnya bisa. Tapi kalau hari senin tgl 10 gimana? krn kebetulan selama seminggu mulai dari hari Senen saya lagi ada tugas keluar kota. Baiknya gmn ya pak Nano
Atau kalau tidak hari senin sekalian. Tgl 3 februari 2013. Krn saya berangkat ke luar kotanya bs agak sore atau malam


Nano:

Sbntar sy diskusi dulu sm atasan sy dlu y bang, pada dasarnya sih ga msalah mggu dpan juga



Pulo Siregar:
Ok pak Nano


Nano:



Klo dipaksakan senin khawatir jd terburu2 bang hehe
Ok bang siregar kita ktmu antara tgl 10-11 ya, nanti kita kontek2an lagi sipp



Pulo Siregar:
Ok pak Nano. Sipp.

***

So, Terima kasih Kompasiana.

Berkat Kompasiana,selainBuku akan terbit,pihak TV Oneyang nota bene merupakan salah satu stasiunTVyang paling besar di Indonesia, juga memberikan appresiasidengan cara mereka sendiri.

Bahwa mekipun misalnya karena sesuatu dan lain hal acara yang sudah diagendakanmenjadi batal, hal itu adalah persoalan lain. Yang jelas seharusnya sudah terlaksana. Hanya karena dari pihak saya sendiri saja waktu itu ada sedikit hambatan, membuat agenda acaranya dijadwal ulang.

Mudah-mudahan akan semakin banyak lagi yang akan memberikan apresiasi,untuk semakin menambah semangat juang kami untuk membantu nasabah menyelesaikan masalahnya,dengan prinsip cepat, aman, nyaman, namun berbiayamurah,prinsip yang sesuai yang diamanatkan Bank Indonesiadalam Peraturan Bank Indonesia nomor 8/5/PBI/2006 tentang Mediasi Perbankan.

Mudah-mudahan

***