Mohon tunggu...
Puji NurEkowati
Puji NurEkowati Mohon Tunggu... Mahasiswi

Seorang mahasiswi yang mengikuti program Kegiatan Kerja Nyata (KKN) yang diseleggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun 2020 denngan mengambil tema pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19

6 Juli 2020   10:26 Diperbarui: 6 Juli 2020   10:30 37 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19
Proses pembuatan video pembelajaran sebagai program kerja KKN COVID-19 | dokpri

Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) meski dunia masih dalam keadaan Pandemi Covid-19. KKN diselenggarakan secara individu oleh mahasiswa di domisili masing-masing. Tema kegiatan KKN bervariasi, diantaranya pendidikan dan supporting pemahaman masyarakat terhadap Covid-19.

Puji Nur Ekowati, mahasiswi semester 6 (enam) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan UNS turut serta mengikuti kegiatan KKN pada tahun 2020 dengan mengambil tema pendidikan. Puji membuat video pembelajaran yang kemudian diupload di Youtube dan link Youtube dari video tersebut dibagikan di grup WhatsApp yang beranggotakan warga Dusun Pundung Rejo, Desa Cangkol, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Proses pembuatan, pengeditan dan penguploadan video dilakukan di rumah, sesuai dengan protokol Covid-19.

Video pembelajaran yang dibuat Puji adalah mengenai pelajaran Bahasa Inggris dengan materi introduction, matematika dengan materi pecahan, dan Bahasa Indonesia dengan materi ungkapan. Dalam Video Pembelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, Puji berkolaboraai dengan Alberto Conti yang merupakan mahasiswa asing yang sedang dalam masa studi S2 di universitas swasta. Beto merekam video secara mandiri dari kosnya setelah Puji mengirimkan skenario video.

Kolaborasi dengan mahasiswa asing dalam pembuatan video pembelajaran Bahasa Inggris | dokpri
Kolaborasi dengan mahasiswa asing dalam pembuatan video pembelajaran Bahasa Inggris | dokpri
Hasil video yang sudah direkam kemudian di edit menggunakan aplikasi Kinemaster. Video yang sudah selesai di edit dapat di upload ke platform Youtube yang saat ini Channel Youtube yang digunakan untuk mengupload video tersebut bernama Beto and Puji Nure. Link Youtube yang telah dibagikan ke grup WhatsApp direspon positif oleh warga Pundung Rejo. Adapun tujuan dari pembuatan video-video tersebut adalah untuk memfasilitasi anak-anak usia sekolah agar mereka tetap dapat belajar meskipun dirumah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x