Mohon tunggu...
Puji Hastuti
Puji Hastuti Mohon Tunggu... DOSEN

Seorang pembelajar yang Ingin terus mengasah diri

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Selamatkan Bumil dari Pre Eklampsia

22 Mei 2020   13:40 Diperbarui: 22 Mei 2020   14:03 14 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selamatkan Bumil dari Pre Eklampsia
worldpreclampsia.com

Sering kita dengar ada ibu hamil yang mengalami bengkak, tensi darah naik dan berat badan tiba-tiba naik secara signifikan. Ketika diperiksakan ke petugas kesehatan ternyata ibu hamil tersebut harus segera dirujuk ke rumah sakit untuk tindakan segera. Ibu hamil tersebut didiagnosa pre eklampsia. 

Apa pre eklamsia itu?

Pre-eklampsia ialah penyakit dengan tanda-tanda hipertensi, edema, dan proteinuria  yang timbul karena kehamilan yang dibedakan dalam kelompok ringan dan berat. Pre-eklampsia dinyatakan berat jika ditemukan satu atau lebih tanda/gejala seperti: tekanan sistolik 160 mmHg atau lebih, atau tekanan diastolik 110 mmHg atau lebih, proteinuria 5 g atau lebih dalam 24 jam, 3 atau 4 + pada pemeriksaan kualitatif, oliguria, air kencing 400 ml atau kurang dalam 24 jam, keluhan serebral, gangguan penglihatan atau nyeri di daerah epigastrium, dan edema paru-paru. Sumber.

Pre Eklampsia ini dapat menyebabkan kematian pada ibu hamil. Kita harus kenali sejak dini tanda-tanda di atas sehingga dapat menyelamatkan ibu hamil.  

Adapun faktor risiko pada penyakit ini antara lain adalah: Nullipara, terutama usia 20 tahun, dan kehamilan yang langsung terjadi setelah perkawinan.

Sejarah pernah menderita preeklampsia dan eklampsia pada kehamilan terdahulu. Sejarah penderita preeklampsia dan eklampsia dalam keluarga.

Kehamilan ganda, diabetes mellitus, hydrops foetalis, mola hidatidosa dan antiphospolipid antibodies, infeksi saluran kemih. Riwayat penderita hipertensi dan penyakit ginjal. Multipara dengan umur lebih dari 35 tahun. Sumber

Tanggal 22 Mei dikenal sebagai hari Pre Eklampsia sedunia. Peringatan tersebut  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang preeklampsia atau keracunan kehamilan dan tanda-tanda bahaya untuk menghindari komplikasi kehamilan yang mengancam jiwa ini. 

Program studi tempatku bekerja adalah Program Studi Diploma 3 Kebidanan yang berkaitan langsung dengan asuhan kehamilan.

Untuk memberikan bekal yang lebih pada mahasiswa tentang deteksi dini kesehatan ibu dan anak, maka visi yang ditetapkan adalah Menjadi Program Studi Yang Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang Berbudi Pekerti Luhur Dengan Kompetensi Unggulan Deteksi Dini Kesehatan Ibu, Bayi dan Balita Serta Diakui Internasionoal Tahun 2025.

Dengan visi semacam itu, maka deteksi dini terhadap pre eklampsia merupakan salah satu pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x