Mohon tunggu...
Puji Astuti
Puji Astuti Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Saya adalah seorang Guru SD yang mengajar di SDN 3 Pakel Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Untuk menambah ilmu dan pengalaman saya mengikuti Program Guru Penggerak Angkatan 7. Saya tipe orang yang selalu penasaran dengan hal-hal baru, saya selalu berusaha untuk bertanggung jawab dan menyelesaikan tugas tepat waktu. Saya suka berkolaborasi dan berdiskusi bersama.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Aksi Nyata Modul 2.2

13 Maret 2023   18:02 Diperbarui: 13 Maret 2023   18:04 6026
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

  1. Apa yang Bapak/Ibu lihat dalam proses tersebut? (Peristiwa)

Peristiwa yang menarik setelah saya menerapkan proses Pembelajaran Sosial Emosional antara lain, siswa lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran, saya menjadi bisa memahami kondisi emosi setiap siswa berbeda, dan ternyata kondisi emosi siswa di awal pembelajaran sangat berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran.

Pengalaman pertama mengajak siswa melakukan mindfulness dengan teknik mendengarkan music instrumental, dari 16 siswa ada 3 siswa yang tidak bisa fokus selama saya memutar music mereka tertawa, bahkan senyum-senyum seakan berasumsi bahwa hal yang saya lakukan adalah aneh, namun ada sebagian besar siswa yang bisa fokus dan larut hingga meneteskan air mata.

Saya membagikan pengalaman implementasi KSE pada rekan sejawat melalui cerita ringan dan santai saat jam istirahat, karena hal ini yang paling efektif, fleksibel dan bisa segera saya lakukan.

  1. Apa yang Bapak/Ibu rasakan sehubungan dengan proses yang Anda alami? (Perasaan)

Perasaan saya senang, karena saya bisa mengimplementasikan KSE dalam pembelajaran, saya menemukan hal baru yaitu pentingnya membantu siswa untuk melakukan kesadaran penuh di awal pembelajaran untuk membuat mereka fokus sehingga selalu berpikiran positif.

Setelah berbagai denga rekan sejawat saya juga merasa bahagia karena saya bisa berbagi sedikit ilmu dan pengalaman yang saya miliki, meskipun tidak semua rekan memberikan respon antusias, namun saya berharap meski lewat cerita ringan suatu saat rekan sejawat akan tertarik dan turut serta menerapkan KSE dalam pembelajarannya.

  1. Apa hal yang bermanfaat dari proses tersebut? (Pembelajaran)

Hal yang bermanfaat dari proses yang saya lakukan, siswa menjadi fokus dalam pembelajaran. Siswa mampu menyampaikan emosi dan perasaan, melalui kegiatan mindfulness di awal pembelajaran. 

Bagi saya sendiri, saya juga banyak belajar untuk memahami KSE saya sendiri, sehingga saya selalu berupaya untuk berada pada kondisi kesadaran penuh selama di sekolah. Melalui berbagi dengan rekan sejawat saya juga memperoleh manfaat yaitu, saya belajar menerima setiap respon dari rekan sejawat, saya juga belajar bagaimana menyampaikan informasi dan berbagi yang menarik dan mendatangkan rasa antusias bagi rekan sejawat.

Bagi rekan sejawat, mereka mendapatkan ilmu dan pengalaman baru, yang akan membantu mereka dalam pelaksanaan pembelajaran, karena melalui penerapan KSE dalam pembelajaran akan membantu siswa lebih mudah fokus pada pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal.

  1. Apa umpan balik yang Anda dapatkan? (Pembelajaran)

Umpan balik dari siswa, mereka merasa senang ketika melakukan praktik STOOP, mereka bisa menyadari kesalahan selama ini, dan akhirnya mereka mampu membuat keputusan untuk berubah kea rah yang lebih baik lagi. Siswa juga mulai belajar mengatur emosinya, selalu berpikiran positif dan berani mengungkapkan perasaanya untuk meluapkan emosi melalui catatan kecil, ataupun refleksi diri, bukan dengan marah.

Umpan balik yang saya dapatkan, ada 2 teman yang cukup antusias dengan pemaparan implementasi KSE yang saya lakukan. Merekapun meminta petunjuk bagaimana mengimplementasikan KSE dalam pembelajaran. Namun ada pula rekan saya yang belum tertarik dan menganggap implementasi KSE dalam pembelajaran tidak penting dan hanya menambah beban guru dalam melaksanakan pembelajaran. Saya berupaya menghargai setiap umpan balik yang diberikan oleh rekan sejawat, karena saya menyadari setiap orang memiliki sudut pandang berbeda, namun saya tetap berusaha memberikan penjelasan dan menunjukkan manfaat implementasi KSE dalam pembelajaran bagi siswa.

  1. Apa yang ingin Anda perbaiki atau tingkatkan agar ini berdampak lebih luas? (Penerapan)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun