Mohon tunggu...
Dini Pujiarti
Dini Pujiarti Mohon Tunggu... Orang biasa, Indonesia

I Love nature, art, sastra, lingkungan, biologi.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ada Cerita di Penggalaman

27 Maret 2021   11:21 Diperbarui: 27 Maret 2021   11:30 31 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada Cerita di Penggalaman
Sumber: Tri


Bencana banjir di Kalimantan Selatan masih menyisakan jejak tangis dan tawa, serta banyak hikmah yang bisa diambil di awal tahun 2021 ini. Alhamdulillah banjir sudah berlalu, walaupun masih ada beberapa tempat yang belum pulih total. 

Senang rasanya ketika bisa membantu sesama, selain karena memang kewajiban sebagai seorang manusia untuk saling tolong menolong, ada kebahagiaan tersendiri ketika langsung turun ke lapangan.

 Tempat-tempat yang tidak pernah dikunjungi, orang-orang baru, bisa berbagi cerita, berbagi kebahagiaan, sungguh beruntung rasanya menjadi bagian kecil dari itu semua.

Ada satu tempat yang saat ini cukup dirindukan karena penulis harus pindah ke provinsi sebelah, jadi tidak bisa main ke sana lagi. Namanya adalah desa Penggalaman tepatnya di Handil 6 Rt 003 Martapura barat, desa ini cukup jauh dari kota dan akses kesana cukup berat karena jalannya belum beraspal.

Awalnya ke tempat ini tidak sengaja hari jum'at untuk bagi-bagi  nasi, ternyata akhirnya berkelanjutan. Orang-orangnya ramah, hanya mungkin karena biasalah namanya juga orang asing, tentu warga desa juga harus waspada, anak-anak di desa ini baik-baik dan sopan, lucu.
Nah disana ada sebuah rumah tua usang tidak terurus dan dikira tidak ada penghuninya, terus nanya ke bapak yang di sebelah, jawabannya ya tidak ada orangnya. 

Usut punya usut ternyata itu Mushola atau Langgar. Sedih  ketika tau ternyata itu tempat ibadah, rumah Allah :' kondisinya tidak terurus, terbengkalai, benar-benar memprihatinkan, tidak ada pengeras suara, tidak ada karpet, tidak ada tempat wudhu bahkan kamar mandi atau toilet pun tidak ada. Rata-rata warga di desa ini memang masih belum banyak yang punya kamar mandi (WC) pribadi, warga masih menggunakan Jamban dan itupun kondisinya terbuka serta kurang layak.

Alhamdulillah lagi orang baik itu masih banyak, perlahan tapi pasti insya Allah, mushola ini akan direnovasi. Fasilitas yang diperlukan adalah toilet dan kamar mandi, tempat wudhu, lemari, karpet, cat kayu, pengeras suara, buku iqro, meja mengaji, sajadah, mukena. Supaya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan sebentar lagi masuk bulan suci Ramadhan. 

Terima kasih untuk semua orang baik, makasih sahabat amal. Kawan-kawan kalau mau bantu proses menghidupkan kembali Mushola ini bisa juga kok, link : bit.ly/DonasiKotakamalIndonesia-Banjarbaru atau transfer ke Bank Syariah Mandiri (BSM) No Rek. 7774000447 a.n Kotak Amal Indonesia Banjarbaru. Ayo berbagi kebahagiaan untuk saudara kita :)

VIDEO PILIHAN