Mohon tunggu...
Pujia Khoirunisa
Pujia Khoirunisa Mohon Tunggu... Newbie Blogger - Law Student ⚖

hiduplah seperti Larry!1!1

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

BTS Anniversary ke-8: from Nothing to Something!

13 Juni 2021   17:25 Diperbarui: 13 Juni 2021   19:16 418 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
BTS Anniversary ke-8: from Nothing to Something!
Bangtan Sonyeondan (Foto: BTS Official Facebook)

Hi, Army! (sapaan penggemar BTS)

Hari ini tepat tanggal 13 Juni 2021, BTS atau Bangtan Sonyeondan merayakan ulang tahunnya yang ke-8 sejak debut di tahun 2013 lalu. Itu artinya sudah delapan tahun pula boygroup asal Korea Selatan ini yang juga dikenal Bangtan Boys berkarya di industri musik nasional hingga dewasa ini sudah pada taraf internasional dan memiliki penggemar yang begitu loyal dan massive.

Tak dapat dipungkiri, BTS yang beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook kini berada pada level yang tinggi. Setiap tahunnya, BTS menghasilkan 4,65 miliar untuk ekonomi Korea Selatan dan berkontribusi penuh dalam menyebarkan budaya serta bahasa Korea Selatan hingga menjadi penerima termuda penghargaan “The Order of Cultural Merit” yang diberikan secara langsung oleh Presiden.

Lalu bagaimana perjalanan karir sukses BTS?

BTS yang berkembang dan mencakup berbagai genre ini sebetulnya terbentuk pada tahun 2010, lalu para anggota as trainees melakukan training untuk menjadi band K-pop selama 3 tahun. Di bawah naungan perusahaan Big Hit Entertainment yang terletak di Seoul, BTS pertama kali debut pada tahun 2013 di stage MCountdown dengan membawakan lagu “No More Dream” yang mereka tulis bersama.

Big Hit Entertainment yang melahirkan BTS sendiri didirikan oleh Bang Si Hyuk, dikenal secara professional sebagai Hitman Bang yang merupakan seorang penulis lirik, penggubah, produser, dan eksekutif rekaman asal Korea Selatan. Para A.R.M.Y (Adorable M.C. For Youth) akrab menyapa sosok brilian dan visioner dibalik suksenya BTS ini sebagai “papa bear”.

BTS mendapatkan penghargaan pertamanya di Golden Disc Awards sebagai “Rookie of the Year” lalu menyusul pada tahun 2015 membawa pulang penghargaan ‘Bonsang’ pertama atau piagam perak oleh penyelenggara yang sama. Selanjutnya pada tahun 2016, BTS menggaet penghargaan ‘Daesang’ atau piagam emas untuk penyanyi Korea Selatan berbakat di Melon Music Awards.

BTS mulai memasuki pasar musik internasional pada tahun 2017 dan menjadi band K-pop paling sukses di dunia. BTS berhasil menjadi grup tercepat setelah The Beatles yang memperoleh empat album dengan peringkat satu dalam waktu kurang dari dua tahun. Kesuksesan ini membawa BTS menduduki peringkat ke-43 dalam Forbes Celebrity 100 (2019) sebagai selebriti berpenghasilan tinggi di dunia.

Hingga saat ini, BTS telah memenangkan lebih dari 500 penghargaan entah sebagai “Top Social Artist” atau “Album of the Year” atau “Song of the Year” dari berbagai acara seperti American dan Billboard Music Awards. Selain itu, BTS juga dianugerahi pencapain lain berupa pemecahan rekor dunia oleh Guinness World Records secara berturut-turut dari tahun 2017 sampai dengan tahun ini.

Apa kunci dari kesuksesan BTS?

Pertama, semua kesuksesan kreatif yang dikembangkan BTS adalah hasil langsung dari kerja sama yang harmonis sebagai sebuah tim. Bekerja dalam sebuah tim bukanlah hal yang mudah, perlu adanya chemistry, kepercayaan satu sama lain, komitmen, dan visi yang sama sehingga mereka kompatibel atau bergerak dalam keserasian, mengingat masing-masing dari mereka memiliki kepribadian yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x