Mohon tunggu...
Pujakusuma
Pujakusuma Mohon Tunggu... Freelancer - Mari Berbagi

Ojo Dumeh, Tansah Eling Lan Waspodho...

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Magis Jokowi

30 Mei 2022   10:04 Diperbarui: 30 Mei 2022   10:23 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam sistem demokrasi kita, calon presiden memang ditentukan oleh partai politik. Tapi pada pilpres 2024 nanti, sepertinya akan ada kejutan.

Kejutan itu berasal dari Presiden Joko Widodo. Meski bukan ketua umum partai, bukan pemilik partai, Jokowi punya magis tersendiri dalam menentukan arah demokrasi.

Banyak pakar menilai, Jokowi adalah king maker peta politik 2024 nanti. Siapapun yang didukung Jokowi, besar kemungkinan dia yang jadi.

Kenapa Jokowi? Karena dia bukan presiden biasa. Di akhir masa jabatannya, Jokowi masih punya bergaining power yang luar biasa. Selain terkenal dan dicintai rakyatnya, di belakang Jokowi berjejer barisan relawan yang seabrek jumlahnya dan sangat setia. Mereka masih menanti, sendiko pandhito ratu yang akan membawa kapal besar relawan untuk berlabuh. Ketika titah diturunkan, barisan relawan akan bertarung mati-matian di medan perang untuk memenangkan siapapun yang jadi pilihan.

Maka tak heran, banyak elit politik kita yang caper sama Jokowi akhir-akhir ini. Mereka selalu nempel ketat sang presiden, baik saat santai maupun ketika melaksanakan kegiatan sehari-hari. Tengok saja, betapa elit politik kita bangga saat memposting foto atau video ketika sedang bersama Jokowi.

Tapi sepertinya, Jokowi sudah menemukan pilihan. Pada siapa dukungan akan diberikan. Sinyal itu ia munculkan, saat menghadiri Rakernas Projo di Magelang.

"Soal urusan politik, ojo kesusu. Jangan tergesa-gesa. Meskipun, mungkin yang kita dukung ada di sini," begitu kata Jokowi.

Meski tak menyebut nama, namun Jokowi sudah memastikan dukungannya pada orang 'yang ada di sini'. Tak lain dan tak bukan dialah Ganjar Pranowo.

Ganjar satu-satunya elit yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat Capres 2024 yang hadir saat acara Projo. Apalagi saat Jokowi mengeluarkan statemen itu, ribuan relawan Projo kompak memekikkan nama Ganjar Pranowo.

Usai Jokowi mengeluarkan statemen itu, peta politik nasional langsung terguncang. Yang paling keras guncangannya ya PDIP. Sejumlah tokoh partai banteng moncong putih itu langsung bereaksi.

Banyak info beredar, elit politik PDIP marah dengan statemen Jokowi. Seolah kebakaran jenggot, beberapa diantara mereka muncul dengan pernyataan-pernyataan yang bikin geli. Bahkan kemarahan elit PDIP sampai mengarah ke persoalan pribadi. Saat adik Jokowi menikah, elit PDIP tak hadir dalam acara itu. Padahal, kemungkinan besar dan hampir pasti mereka diundang lho.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun