Mohon tunggu...
Puja Nor Fajariyah
Puja Nor Fajariyah Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa, Aktivis Pelajar Islam Indonesia, Kuligrafis

Kia Ora! Find me on ig @puja.nf

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Hawthorne Effect, Ini Alasan Mengapa Seseorang Cenderung Menjaga Citra Diri Ketika Diawasi

31 Mei 2021   20:38 Diperbarui: 31 Mei 2021   20:54 242 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hawthorne Effect, Ini Alasan Mengapa Seseorang Cenderung Menjaga Citra Diri Ketika Diawasi
Sumber: Emergn

"Ketika kamu berubah hanya karena menunggu puji dan tatap dari orang lain, maka hanya puji dan tatap itu yang akan kamu terima, tak ada selebihnya"

-Puja Nor Fajariyah

Kalau kamu yang sudah kuliah atau sedang bersekolah, pernah gak sih kamu berada pada kondisi sekolah atau kampusmu sedang melakukan proses akreditasi atau penilaian oleh lembaga gitu? Biasanya nih ya, kalau terjadi hal ini, sekolah atau kampusmu akan berbenah sedemikian rupa karena hendak dinilai. Yang awalnya sistem tidak baik-baik saja kemudian direkayasa sebaik mungkin bagaimana caranya agar kamu dinilai baik oleh para tim penilai.

Dalam kasus lain misalnya di dunia kerja, biasanya seseorang akan menjadi lebih rajin ketika ada atasannya di tempat kerja yang memperhatikan pekerjaanmu. Sedangkan ketika atasannya tidak ada, eh kembali bermalas-malasan lagi. Aku sering berhadapan dengan kondisi yang seperti ini terhitung sejak aku bersekolah hingga sekarang kuliah. Tentu saja aku penasaran, kok bisa ya manusia seperti itu? 

Well, karena rasa penasaran ini kemudian aku mencari tahu mengenai hal ini dari sudut pandang psikologi. Berdasarkan apa yang pelajari, perilaku seperti ini dikenal dalam dunia psikologi dengan istilah hawthorne effect. Jadi, kalau kamu penasaran mengenai hal ini, aku menyarankan kamu untuk membaca artikel ini hingga selesai agar kamu mendapatkan insight atas apa yang aku bagikan. 

Oke, pertama-tama tentu saja kita harus mengetahui apakah si hawthorne effect ini. Efek ini memiliki nama lain yaitu efek observer.

Maksudnya, efek ini terjadi saat seseorang secara sengaja memodifikasi atau merekayasa perilaku mereka sebab mereka sadar sedang diawasi atau ia berada dalam bawah pengawasan.

Sebenarnya, efek yang satu ini memiliki manfaat tetapi pada beberapa keadaan ia juga bisa merugikan tergantung pada konteksnya. Sekarang aku akan coba mengajak kamu untuk menilik dari konteks sebuah hubungan pekerjaan. 

Kita lihat saja terlebih dahulu dari sisi positif akan hal ini. Ketika minilik dari segi prgamatis, ketika seseorang tengah diawasi kemudian dia menjadi semakin aktif bekerja dengan semangat, maka dapat diambil kesimpulan bahwa secara tidak langsung meningkatkan produktivitas seseorang. 

Meskipun ya bisa dibilang hal ini terjadi bukan karena kebenar-benaran seseorang dilakukan oleh orang tersebut. Barangkali ini yang kemudian menjadi penjelasan mengenai sikap pekerja bangunan misalnya, mereka akan menjadi lebih rajin ketika ada mandor yang bekerja di lokasi proyek bersama dengan mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN