Mohon tunggu...
Puja Nor Fajariyah
Puja Nor Fajariyah Mohon Tunggu... Mahasiswa, Aktivis Pelajar Islam Indonesia, Kuligrafis

Suka nulis tapi masih belajar baca~

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Artikel Utama

Saat Hidup Berjalan Tak Sesuai dengan Harapan, "Adjustment Disorder" Rawan Menjadi Teman

20 Februari 2021   17:52 Diperbarui: 21 Februari 2021   13:17 315 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saat Hidup Berjalan Tak Sesuai dengan Harapan, "Adjustment Disorder" Rawan Menjadi Teman
Ilustrasi: Foto oleh Kat Jayne dari Pexels

Life is a series of adjustments; You can make changes along the way, but if you didn't start moving forward you'll never get anywhere!

-- Kimora Lee Simmons

Pernah tidak sih kamu menonton film yang didalamnya itu menunjukkan adegan seseorang yang memiliki gejala gangguan traumatis terhadap sesuatu? 

Atau, pada kisah masa lalu di pemeran ini ia memiliki kenangan buruk atau tidak mengenakkan terhadap sesuatu dan tetap menghantui psikisnya hingga dewasa? Apakah kamu pernah menemui film yang memunculkan adegan tersebut?

Jujur saja, aku berkeinginan untuk menulis ini setelah tadi pagi iseng saja aku membuka netflix dan menonton salah satu web drama yang sudah pernah aku tonton sebelumnya. 

Web drama ini sebenarnya diangkat dari kisah di webtoon, judulnya adalah Love Alarm 1. Web drama ini dibintangi oleh Kim Soo Hyun  sebagai Kim Jo-Jo, Jung Ga Ram sebagai Lee Hye-Yeong dan Song Kang sebagai Hwang Sun-Oh. 

Sebenarnya web drama ini adalah sebuah web drama bergenre romantis roman picisan ala-ala anak SMA, tapi fokusku terpecah ketika menonton kembali web drama ini tadi pagi. 

Beberapa pekan ini aku bisa dibilang sedang tertarik membaca buku dan beberapa jurnal penelitian yang berhubungan psikologi abnormal. 

Dan berdasarkan apa yang aku baca dan pelajari, ada perangai atau tingkah laku dari salah satu pemeran di web drama tersebut yang menunjukkan salah satu gangguan emosi yang terjadi pada manusia. Dan, gangguan emosi tersebut diperankan atau dimunculkan dalam karakter Jo-Jo. 

Sebenarnya, bukan kemudian melakukan self-diagnose ya, tetapi berdasarkan apa yang coba dilihat dan berdasar pada beberapa literatur seputar psikologi dan psikiatri, terdapat beberapa tanda atau gejala bahwa Kim Jo-jo mengalami yang namanya Adjustment Disorders alias gangguan penyesuaian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN