Mohon tunggu...
Puisiana
Puisiana Mohon Tunggu... Penulis - Himpunan Kompasianer Pencinta Puisi

PUISIANA adalah himpunan kompasianer pencinta puisi, komunitas daring tempat bergabung kompasianer yang sekadar peminat maupun pencinta puisi; sekadar menulis maupun yang serius ingin, bahkan sudah, menjadi penyair. Di TEMU kita akan berkerumun untuk belajar, mendapatkan info, dan mengikuti Lomba Cipta Puisi (LCP) yang diselenggarakan secara berkala untuk mengasah ketajaman kreasi kata-kata kita.

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisiana Hadir untuk Kompasianer yang Suka Puisi

16 April 2023   17:15 Diperbarui: 17 April 2023   13:51 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selamat datang Puisiana, himpunan kompasianer pencinta puisi (image: pixabay)

Sebuah komunitas kompasianer (baru) hadir di Kompasiana. Nama yang dipilih tentu akan memberikan gambaran secara spontan komunitas apa itu.

PUISIANA diharapkan bukanlah sekadar nama, sebab diharapkan akan menjadi jenama ikonik dalam lingkungan keluarga besar komunitas di Kompasiana.

Uraian ofisialnya adalah "Himpunan Kompasianer Pencinta Puisi". Sejak 15 April 2023, yang menandai eksistensinya, komunitas ini hadir secara resmi di TEMU Kompasiana.

Dalam tayangan artikel perdananya, terunggah narasi dengan judul "Selamat Bergabung di Puisiana". Dijelaskan di sana bahwa Puisiana adalah komunitas dalam format daring. Dia menjadi sebuah wadah sebagai tempat berkumpulnya kompasianer dengan minat yang tertuju pada puisi.

Perihal puisi ini, Puisiana menjangkau siapa saja? Ternyata cukup luas, mencakup kompasianer yang menaruh minat pada karya sastra bergenre puisi.

Kompasianer yang diajak bergabung  adalah mereka yang gemar membaca puisi, pencinta puisi, penulis puisi, hingga yang sudah bisa menyebut dirinya adalah seorang penyair.

Lomba Cipta Puisi Hari Kartini 2023

Puisiana menyadari bahwa kehadiran puisi di Kompasiana melalui kategori Fiksiana, mendapatkan sambutan konsisten. Meskipun mungkin kalah gayeng dengan antusiasme unggahan di kategori-kategori lain.

Puisi di Kompasiana memiliki penggemar tersendiri. Tidak luas memang, masuk dalam level niche. Namun ini bukanlah sesuatu yang luar biasa, sebab dalam skala nasional, demikianlah keberadaannya.

Jika dikomparasi dengan genre-genre lainnya, misalnya cerpen dan novel, puisi mungkin tak berada dalam kesendirian yang sepi. Penyair Joko Pinurbo dalam sebuah forum pertemuan di kampus UGM pun mengungkapkan hal sama.

Itu sebabnya Puisiana bergerak cepat dalam menebar awareness dengan menghadirkan kegiatan perdana. Event itu diberi nama Lomba Cipta Puisi (LCP). Edisi pertama LCP, menawarkan tema dengan momentum Hari Kartini 2023.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun