Mohon tunggu...
Pudji Widodo
Pudji Widodo Mohon Tunggu... Lainnya - Pemerhati Kesehatan Militer.

Satya Dharma Wira, Ada bila berarti, FK UNDIP.

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Artikel Utama

Ketika Lengan Baju Loreng TNI Digulung

27 November 2021   04:43 Diperbarui: 27 November 2021   20:40 48420 77 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, antarafoto.com, 22/11/2021

Model gulungan lengan baju loreng

Sebagai Panglima TNI yang baru, Jenderal TNI Andika Perkasa pada tanggal 21 November 2021 melaksanakan kunjungan kerja dan pertemuan dengan jajaran TNI AL di Mabesal. 

Ada yang menarik saat Panglima TNI melaksanakan foto bersama para pejabat utama TNI AL, yaitu tampak lengan baju Pakaian Dinas Lapangan (PDL) dalam posisi digulung. 

Sejak tanggal 19 November 2021 di jajaran TNI berlaku ketentuan bahwa selama pandemi, yang semula lengan baju PDL TNI dipanjangkan, diubah menjadi digulung.

Cara menggulung lengan baju PDL di jajaran TNI AL berbeda dengan di satuan-satuan TNI AD dan TNI AU. Pada tahun 1998 justru sempat muncul gulungan lengan baju PDL TNI AD sama dengan yang berlaku di TNI AL.

Namun, kemudian berubah kembali seperti semula. Sebaliknya  ada satuan TNI AL yang model gulungan lengan baju PDLnya sama dengan yang berlaku di jajaran TNI AD, yaitu pasukan khusus Kopaska. 

Ada kisah unik ketika penulis masih bertugas di Timor Timur. Menjelang kunjungan Menhankam/Panglima ABRI pada momen Hari Raya Natal, di Markas Korem Wira Dharma Dili dilaksanakan gladi penerima bingkisan Natal dari Panglima ABRI. Sesuai permintaan panitia, Pangkalan TNI AL (Lanal) Dili mengirim perwakilan seorang tamtama sebagai penerima bingkisan Panglima ABRI. 

Dengan alasan agar tampak seragam, seorang pamen panitia penyelenggara sempat minta agar gulungan lengan baju PDL tamtama Lanal Dili disamakan dengan perwakilan dari satuan lain. 

Namun saat pelaksanaan acara, anggota perwakilan Lanal Dili menerima bingkisan dari Menhankam/Pangab tetap dengan lengan baju tergulung ala Angkatan Laut. Kisah ini mengingatkan bahwa terdapat tradisi baku, termasuk cara menggulung lengan baju PDL, yang telah menjadi sejarah satuan dan tetap dipelihara. 

Lalu apa hubungan gulungan baju PDL TNI dengan pandemi ? Mungkin pembaca kompasiana masih ingat ketika pada Juli 2020 berlaku ketentuan untuk para penumpang MRT selain wajib mentaati protokol kesehatan, juga wajib mengenakan baju lengan panjang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fesyen Selengkapnya
Lihat Fesyen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan