Mohon tunggu...
Putri Khalestia
Putri Khalestia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Terbuka | Dewasa muda yang punya hobi menulis.

Menebar kebaikan dengan tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Manusia Memiliki Bakat Sejak Lahir, Berikut Cara untuk Mengetahuinya!

12 Maret 2022   19:03 Diperbarui: 12 Maret 2022   19:06 1439
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Ilustrasi : Saturadar.com

Kita adalah wujud dari apa yang selalu kita pikirkan, apa yang sering kita ucapkan, dan apa yang kita lakukan berulang-ulang. Karena itu, keunggulan, kemuliaan, dan ketakwaan itu bukanlah satu bakat yang diwariskan, melainkan satu potensi yang mesti kita asah (Mutiara Hikmah). 

Seringkali, banyak orang merasa kebingungan saat mendapat pertanyaan “apa bakat atau keahlian yang kamu miliki?".  Sebuah pertanyaan singkat, tetapi tidak semua orang bisa menemukan jawabannya.

Butuh waktu yang tidak sebentar untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut. Bahkan, ada sebagian orang yang masih mengalami kesulitan untuk mengenal bakat atau potensi diri yang dimiliki. 

Pentingnya memiliki kemampuan mengenali bakat atau potensi diri adalah, dengan mengetahui hal ini kita akan lebih produktif karena berfokus pada potensi diri sendiri daripada membandingkan diri dengan orang lain. Begitu kita menyadari hal ini, kita tahu di mana harus mengerahkan waktu dan energi, kita tahu tipe kesempatan apa  yang harus dicari, dan tipe tantangan apa yang harus dihindari. Dengan begitu peluang untuk memaksimalkan karier juga menjadi lebih mudah.

Menurut James Clear dalam bukunya yang berjudul Automic Habits, ia mengatakan bahwa bakat ada kaitannya dengan determinisme biologis. Hal ini berdasarkan pada penelitiannya yang mengungkapkan bahwa gen-gen yang ada pada manusia dapat mempengaruhi perilaku dan kepribadian khusus seseorang. 

Bakat sangat berhubungan dengan fungsi otak. Contoh, bila otak kiri yang dominan, segala tindakan dan pekerjaan, termasuk bakat, adalah yang berhubungan dengan masalah verbal, intelektual, teratur, rapih, dan logis. Sedangkan otak kanan berhubungan dengan masalah spasial, non verbal, estetik dan artistik, serta atletis. 

Bakat merupakan kemampuan alamiah manusia yang berkaitan dengan kepandaian atau keahlian yang ada pada setiap diri seseorang. Meskipun begitu, bakat merupakan potensi, bukan suatu hal yang nyata dan jelas. Tentu, kita tidak bisa mengetahui bakat apa yang dimiliki dengan sendirinya.

Maka dari itu, untuk mengetahui dan mewujudkannya, kita perlu menggali dan mengembangkannya. Nah… Berikut ini akan diuraikan secara singkat 4 cara untuk mengetahui bakat alami yang apa yang kamu miliki :

1. Eksplor banyak hal

Untuk mengetahui bakat apa yang kamu miliki, kita perlu eksplor segala hal. Tujuannya adalah untuk mencoba sejumlah kemungkinan, mencermati sebanyak mungkin gagasan, dan menebar jala selebar-lebarnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun