Mohon tunggu...
Prycilia Grace Nicole Suoth
Prycilia Grace Nicole Suoth Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Massa dan Digital

Penulis pemula yang mencoba peruntungannya di dunia digital. Kritik dan saran akan sangat berarti bagi saya. Selamat membaca! | e-mail: pgracens@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Foto Viral "Jurassic Park" Versi Indonesia Menuai Kekhawatiran

10 November 2020   10:31 Diperbarui: 10 November 2020   10:40 465 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Instagram @kawanbaikkomodo

Dilansir dari BBC, foto seekor Komodo tengah menghadang sebuah truk telah menuai kekhawatiran tentang adanya pembangunan taman hiburan ala "Jurassic Park" di Indonesia.

Situs bernilai jutaan dolar ini merupakan bagian dari rencana pemerintah Indonesia untuk mengevaluasi sistem pariwisata di Taman Nasional Komodo. Foto Komodo yang menjadi viral menimbulkan banyak pertanyaan terkait dampak konservasi yang dilakukan terhadap Komodo, kadal terbesar di dunia.


Pemerintah mengatakan bahwa keamanan Komodo adalah hal yang diutamakan sehingga tidak akan ada Komodo yang terluka.

Komodo adalah satwa langka yang hanya dapat ditemukan di alam liar pada beberapa pulau di Indonesia yang diperkirakan telah menjadi habitat Komodo selama jutaan tahun.

Besarnya jumlah turis dari seluruh dunia yang berkunjung untuk memuaskan ketertarikan terhadap Komodo mendorong pemerintah untuk melakukan evaluasi terhadap konservasi dan pariwisata di taman nasional tersebut.

Di tahun 2019, pemerintah sempat membuat keputusan kontroversial untuk menutup Pulau Komodo, rumah bagi hampir seluruh populasi Komodo dan 2,000 penduduk setempat yang telah hidup berdampingan dengan Komodo selama beberapa generasi. Namun pada akhirnya rencana tersebut dibatalkan.

Bahkan, pemerintah akan memperkenalkan skema baru sistem pariwisata di Pulau Komodo yaitu system keanggotaan seharga 1.000 dolar. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari pariwisata massal dan melindungi Komodo serta habitatnya.

Namun, di waktu bersamaan pemerintah juga mengumumkan rencana pengembangan wisata massal di Pulau Rinca yang merupakan rumah kedua terbesar bagi populasi komodo.

Proyek pembangunan ini dijuluki "Jurassic Park" ala Indonesia berdasarkan sebuah video yang diunggah di Instagram oleh salah satu arsitek proyek tersebut. Video ini dilengkapi dengan lagu dari franchise film "Jurassic Park" dan berhasil menarik perhatian masyarakat.

Pembangunan yang diperkirakan akan selesai pada bulan Juni 2021 ini akan dilengkapi dengan fasilitas pusat informasi wisatawan dan sebuah dermaga.

Mengapa foto tersebut memicu perdebatan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan