Mohon tunggu...
Pryanka Ramadini
Pryanka Ramadini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Tahun depan tittle Pryanka Ramadini berubah, dari "Mahasiswi" menjadi "Jurnalis Muda." ✨Berbagi pengalaman yang dikemas menjadi sebuah karya tulisan, adalah pilihan saya untuk menebarkan manfaat dari dahsyatnya sebuah Ilmu.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Lima Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Kegagalan

29 Juni 2021   13:16 Diperbarui: 29 Juni 2021   13:39 74 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lima Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Kegagalan
Ilustrasi: LOKER.ID

Setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan. Mulai dari gagal dalam perihal keluarga, percintaan, pendidikan, dan pencapaian-pencapaian lainnya.

Kegagalan yang dialami memang sangatlah bervariasi, sehingga tingkat stress yang dialami juga berbeda-beda.

Disinilah harusnya peran kesadaran diri harus lebih ditingkatkan lagi, untuk memperhatikan kebutuhan apa yang harus dipenuhi agar dapat mengontrol emosi diri sendiri.

Ketika ada di titik terendah, yaitu kegagalan, sangat berat rasanya untuk memulai kembali, bukan? Maka dari itu, ini dia lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kegagalan.

1. Jangan Kecewa Terhadap Kegagalan

Ilustrasi: https://harianterbit.co
Ilustrasi: https://harianterbit.co
Kecewa di awal itu hal yang wajar. Namun satu yang harus kamu ketahui, rasa kecewa yang berlebihan hanya akan membuatmu mengeluh, tanpa ada rasa ingin bangkit kembali. 

Permasalahannya adalah, ketika sudah terlanjur kecewa, maka biasanya kamu akan terus menyalahkan diri sendiri.

Yang dimana perbuatan tersebut akan menyebabkan kamu tidak bisa menghargai jerih payahmu. Jadi sebenarnya ada banyak sekali hal yang dapat kamu lakukan untuk pertama kali ketika menghadapi kegagalan, selain merasa kecewa.

Kecewa itu boleh, namun sebagai motivasi agar setelah jatuh, tahu cara untuk bangkit kembali dengan innovasi-innovasi baru yang luar biasa.

2. Jangan Berlarut-larut Dalam Kegagalan

Ilustrasi: https://odnv.co.id
Ilustrasi: https://odnv.co.id
Berlarut-larut dalam kegagalan, itu sama halnya ketika kamu susah untuk menerima kenyaatan kalau doi emang udah ga sama kamu lagi.

Yang akan terus terasa adalah sedih, gagal move on, galau, terpuruk. Hal-hal sedih itulah yang akan terjadi jika kamu tak cepat move on dari kegagalan.

Bagaimana caranya biar cepat move on? Terima kenyataan bahwa kamu sedang gagal, dan pikirkan masa depan yang sedang menunggu untuk dijemput dengan usaha barumu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN