Mohon tunggu...
Pryanka Ramadini
Pryanka Ramadini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Tahun depan tittle Pryanka Ramadini berubah, dari "Mahasiswi" menjadi "Jurnalis Muda." ✨Berbagi pengalaman yang dikemas menjadi sebuah karya tulisan, adalah pilihan saya untuk menebarkan manfaat dari dahsyatnya sebuah Ilmu.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Yakin Sibuknya Kamu Sudah Produktif? Ini Dia Cara Produktif Tanpa Sibuk!

24 Juni 2021   16:24 Diperbarui: 24 Juni 2021   16:34 89 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yakin Sibuknya Kamu Sudah Produktif? Ini Dia Cara Produktif Tanpa Sibuk!
Ilustrasi: Flickr

Ternyata sibuk dan Produktif adalah dua hal yang berbeda loh!

Sibuk adalah ketika kamu menghabiskan waktu, tanpa menyelesaikan banyak hal, dan masih menumpuk-numpuk hal lainnya, karena tidak ada pemetaan tugas atau pekerjaan yang jelas.

Sedangkan Produktif adalah ketika kamu bisa menyelesaikan banyak hal dengan waktu yang singkat.

Bukan berarti menyelesaikan hal tersebut dengan asal-asalan yah. Pekerjaan bisa selesai saat produktif karena ada "pemetaan" yang jelas.

Maksud dari pemetaan adalah, bagaimana caranya kamu menyusun atau membuat kerangka sebelum mengerjakan sesuatu. Sehingga ketika mulai menyelesaikannya, proses akan lebih rinci, teratur dan dari segi waktu akan lebih cepat.

Terus, kenapa kalau sibuk belum berarti produktif? Sibuk selalu dihubungkan dengan waktu. Ketika kamu terlalu berlarut-larut dalam mengerjakan sesuatu tanpa target, apalagi sampai pecah fokus karena suka terbagi waktunya dengan melakukan hal lain seperti scrolling Instagram, TikTok, Twitter dan menunda pekerjaan dengan jangka waktu lebih panjang, maka itu adalah "sibuk" tetapi tidak produktif. 

Kenapa tidak produktif? Karena tidak ada Output dari "sibuk"mu itu. Tidak dengan efektif menyelesaikan pekerjaanmu.

Beda fungsimya dengan orang yang duduk lama di warnet, mengikuti kelas online, ataupun belajar otodidak untuk memahami sesuatu yang dibutuhkan, maka itu adalah sibuk yang produktif.

Produktif selalu berbicara tentang Output. Output selalu berhubungan dengan proses. Jika proses dari mengerjakan sesuatu adalah seperti contoh pertama, yang lebih banyak melakukan hal-hal lain, maka itu "sibuk" dalam artian banyak menghabiskan waktu memang, tetapi untuk hal yang tidak berhubungan dengan output yang akan dihasilkan.

Nyatanya kamu sangat bisa membuat jam Produktif tanpa sibuk. Bagaimana caranya? Yuk simak beberapa point yang harus disiapkan sebelum memulai "hari produktif"mu.

1. Tentukan Prioritas

Ilustrasi: https://www.dictio.id
Ilustrasi: https://www.dictio.id
Sebagai mahasiswa atau pekerja, sangat memungkinkan memiliki tugas yang lebih dari satu untuk diselesaikan. Dari sana, coba lah untuk mengurutkan waktu penyelesaian tugas dari skala yang paling penting terlebih dahulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN