Mohon tunggu...

Halo Kompasianers,
Saat ini kami sedang mengadakan survei tentang 5 Destinasi Super Prioritas di Indonesia. Kami mohon partisipasi Anda untuk mengisi survei ini. Data yang Anda isikan adalah untuk kepentingan redaksional, dan kami menjamin kerahasiaan data & jawaban Anda. Sebagai informasi, bagi 5 orang terpilih akan mendapatkan 5 Exclusive Merchandise dan 5 Voucher Premium Acoount.

Cara Ikut Survei

  • Klik tombol "Isi Survei Sekarang" untuk mulai mengisi survei
  • Login atau Daftar di KG Media ID terlebih dulu
  • Pastikan kamu mengisi survei dengan lengkap dan benar

Yuk Kunjungi 5 Destinasi Super Prioritas dan Bantu Bangkitkan Pariwisata Indonesia

Pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia pada awal Maret 2020 seketika melumpuhkan industri pariwisata dan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE). Namun seiring berjalannya waktu, Indonesia kian bangkit dan satu persatu industri mulai bergerak naik termasuk sektor pariwisata.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia antara lain adalah dengan mensosialisasikan serta mempromosikan destinasi wisata yang terdapat dalam program 5 destinasi super prioritas.

Kelima destinasi super prioritas tersebut antara lain adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika-Lombok (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Sebenarnya program 5 Destinasi Super Prioritas ini telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas kabinet pada 15 Juli 2019 lalu di Jakarta. Namun program ini sulit untuk bergerak karena pandemi yang terjadi di 2020 hingga sekarang ini, dan baru pada 2021 program tersebut kembali digalakkan dengan tujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat nasional dan internasional terhadap 5 Destinasi Super prioritas ini.

Lalu apa saja sih yang ditawarkan oleh 5 Destinasi Super Prioritas ini? Simak informasi berikut.

Danau Toba (Sumatera Utara)

Danau Toba ditunjuk oleh Kemenparekraf sebagai ikon baru pariwisata Indonesia berbasis keindahan alam. Danau kawah ini memiliki luas lebih dari 1.130 kilometer persegi, dan kedalaman 505 meter, ini menjadikan Danau Toba sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu yang terdalam di dunia.

Aktivitas yang dapat dilakukan antara lain berkayak, menyaksikan pertunjukan budaya, glamping, menikmati pemandangan dari Puncak Sidiangkat, membeli oleh-oleh khas seperti kain tenun Ulos, mencoba kopi Sumatera Mandheling yang terkenal.

Borobudur (Jawa Tengah)

Borobudur merupakan candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Candi yang terletak di Magelang ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra.

Candi yang berbentuk stupa ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar. Selain itu, Borobudur juga memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia.

Mandalika-Lombok (Nusa Tenggara Barat)

Dengan wilayah seluas 1,036 hektar dan menghadap ke Samudera Hindia, potensi wisata yang terdapat di Mandalika sangat menjanjikan. Mulai dari pesona pantai alami seperti Pantai Gerupuk, Pantai Kuta, Pantai Seger, atau Tanjung Aan, hingga pemandangan alam bawah laut yang memukau.

Selain itu, Mandalika juga menawarkan wisata budaya seperti Festival Bau Nyale, sebuah acara lokal di Mandalika di mana masyarakat berkumpul untuk berburu cacing tanah.

Pada 2021 ini, Mandalika akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar kejuaraan balap motor internasional MotoGP dengan dibangunnya Mandalika Street Race Circuit Cluster seluas 120 hektar yang terdiri dari Sirkuit Balap Skala Internasional, Convention Center, dan tujuh hotel mewah.

Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur)

Labuan Bajo menyajikan wisata alam yang super indah seperti Pink Beach, matahari terbenam di “seribu sunset” Bukit Sylvia, trekking Pulau Padar dan Kanawa. Di sini para wisatawan juga bisa merasakan pengalaman bawah laut di beberapa titik selam seperti Batu Bolong, Castle Rock dan Manta Point.

Wisata Komodo di Taman Nasional Komodo juga masih menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan. Selain itu, salah satu aktivitas menarik yang ditawarkan adalah pengalaman menginap di atas kapal.

Kemenparekraf juga fokus untuk mempopulerkan potensi ekonomi kreatif Labuan Bajo seperti tenun dan hasil produk kreatif warga lokal lainnya.

Likupang (Sulawesi Utara)

Likupang memiliki luas sekitar 200 hektare dan memiliki kawasan pesisir dengan pantai berpasir putih. Destinasi ini mempunyai alam yang memesona mulai dari biota laut yang indah, pantai dan pulau eksotik seperti Pantai dan Bukit Pulisan, Pantai Paal, Pantai Lihaga, hingga Pulau Gangga dan Pulau Hilaga.

Terdapat juga Desa Bahoi di Likupang Barat yang merupakan desa nelayan dengan ekowisata mandiri yang terdiri dari hutan bakau di tepi laut untuk menjaga ekosistem.

Pemerintah Sulawesi Utara juga berencana untuk membangun prasarana penunjang wisata seperti hotel, restoran, pendukung tempat wisata laut, dan juga berusaha untuk membuka penerbangan internasional langsung ke Bandara Sam Ratulangi, Manado.

Nah, dari kelima destinasi ini ada yang sudah pernah kamu kunjungi atau berencana ke sana? Kemanapun tujuanmu, selalu ingat untuk tetap menjaga kebersihan serta turut menjaga kelestarian lingkungan dan budaya ya. (LKE)

Bantu isi surveinya yuk!


Syarat & Ketentuan

  • Periode survei: 12 Maret - 12 April 2021, survei dapat berakhir lebih awal saat jumlah responden terpenuhi
  • Peserta wajib mengisi seluruh pertanyaan survei dengan lengkap hingga nomor terakhir
  • Tersedia hadiah 5 Exclusive Merchandise & 5 Voucher Premium Account bagi yang terpilih
  • Pemilihan pemenang dilakukan secara acak, setelah periode survei berakhir
  • Pemenang akan dihubungi melalui email
  • Keputusan pemenang ditentukan oleh tim Kompasiana dan bersifat mutlak serta tidak dapat diganggu gugat
  • Kompasiana berhak mengubah syarat dan ketentuan ini tanpa pemberitahuan sebelumnya

Dengan mengikuti program ini, Kamu menyetujui Kebijakan Data Pribadi KG Media

Aktifkan notifikasi web Anda untuk mendapatkan informasi kuis menarik lainnya

CARA MENGAKTIFKAN NOTIFIKASI

notif