Mohon tunggu...

Ayo Isi Kuis Ini dan Dapatkan Hadiahnya!

Yuk ikutan isi kuis berikut ini! Ada 5 Exclusive Merchandise & 5 Voucher Premium Account Kompasiana bagi Kamu yang terpilih lho. Caranya?

  • Baca Artikel di bawah ini
  • Klik tombol "ISI SEKARANG!" di bawah untuk mulai mengisi Kuis
  • Login atau Daftar di KG Media ID terlebih dulu
  • Pastikan kamu mengisi Kuis dengan lengkap dan benar

Tahukah Kamu Tentang Perjalanan Vaksin?

Rasanya sudah tak asing lagi ketika mendengar kata “vaksin”. Zat atau senyawa ini memiliki fungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit.

Vaksin sendiri terdiri dari banyak jenis dan juga kandungan, masing-masing dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit yang berbahaya.

Tahukah kamu jika vaksin mengandung bakteri, racun dan virus penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau sudah dimatikan?

Walaupun begitu sistem kekebalan akan tetap mengenali antigennya dan tahu cara melawannya jika muncul di masa depan, begitulah cara kerja vaksin.

Saat dimasukkan ke dalam tubuh seseorang, vaksin akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi. Proses pembentukan antibodi inilah yang disebut imunisasi.

Pengembangan vaksin tentunya bukan juga hal yang mudah, membutuhkan kerja keras dan biaya yang tidak murah.

Apa sih manfaat vaksin sebenarnya bagi kehidupan manusia?

Selain mencegah penyebaran penyakit, vaksin juga berguna untuk melindungi dari risiko kematian dan cacat.

Vaksin diperlukan karena bisa membantu merangsang sistem imun tubuh dengan baik. Selain itu, ketika manusia mendapatkan vaksin dan mampu mengenali suatu penyakit, itu bisa membuat tubuh menjadi lebih kebal.

Pemberian vaksin dapat membantu seseorang terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyebabkan sakit berkepanjangan, yang tak hanya merugikan dari segi finansial namun juga waktu.

Sejak vaksin ditemukan, sejumlah penyakit yang dulunya mematikan dan membuat kelumpuhan, menjadi sangat jarang atau bahkan punah.

Vaksin yang disuntikan ke dalam tubuh berfungsi menstimulasi sistem imun tubuh untuk memproduksi imunitas terhadap suatu penyakit.

Selanjutnya jika virus atau bakteri yang sama masuk kembali ke dalam tubuh di masa depan, tubuh sudah mengenali dan tahu cara melawannya.

Hal ini karena antibodi yang timbul karena vaksin yang disuntikan akan menghancurkan virus atau bakteri tersebut bahkan sebelum menyebar dan menyebabkan infeksi.

Perlu diketahui, ternyata vaksin itu bukan bekerja pada masing-masing tubuh seseorang saja tetapi juga mampu melindungi seluruh populasi manusia. Wow hebat ya si vaksin!

Nah, siapa saja yang perlu divaksin?

Seseorang yang sudah cukup syarat melakukan vaksinasi perlu menjalaninya, hal ini diperlukan guna membentuk imunitas komunitas.

Lho kenapa? Karena ada beberapa golongan yang tidak dapat melakukan vaksinasi, seperti bayi, anak kecil, orang tua, pengidap alergi, wanita hamil, atau orang dengan imun yang rendah. Yuk jaga kesehatan selalu ya! (LKE)

Ikutan kuisnya di bawah ini ya!


SYARAT DAN KETENTUAN

  • Peserta yang mengikuti kuis ini merupakan Warga Negara Indonesia, yang berdomisili di wilayah negara Republik Indonesia.
  • Peserta sudah terdaftar di Kompasiana.
  • Peserta yang mengikuti kuis harus mengisi pertanyaan kuis dan data diri dengan lengkap.
  • Pemenang terpilih akan dihubungi secara langsung oleh pihak Kompasiana.com melalui email atau nomor telepon yang teregistrasi.
  • Pemenang yang tidak bisa dihubungi oleh penyelenggara dalam waktu 3 hari sejak tanggal pengumuman, haknya akan dialihkan ke pesertadengan skor tertinggi yang berikutnya.
  • Keputusan pemenang ditentukan oleh tim Kompasiana.com dan bersifat mutlak serta tidak dapat diganggu gugat.
  • Dengan mengikuti seluruh ketentuan, maka kamu otomatis menjadi peserta dan berkesempatan untuk menjadi pemenang.
  • Kompasiana.com berhak mengubah syarat dan ketentuan kuis tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Kuis berakhir tanggal 31 Maret 2021.
  • Pemenang akan diumumkan di Instagram @Kompasianacom

Dengan mengikuti program ini, Kamu menyetujui Kebijakan Data Pribadi KG Media

Aktifkan notifikasi web Anda untuk mendapatkan informasi kuis menarik lainnya

CARA MENGAKTIFKAN NOTIFIKASI

notif