Mohon tunggu...

Isi Kuisnya dan Raih Hadiahnya!

Yuk ikutan isi kuis berikut ini! Ada 5 Exclusive Merchandise & 5 Voucher Premium Account Kompasiana bagi Kamu yang terpilih lho. Caranya?

  • Baca Artikel di bawah ini
  • Klik tombol "ISI KUIS" di bawah untuk mulai mengisi Kuis
  • Login atau Daftar di KG Media ID terlebih dulu
  • Pastikan kamu mengisi Kuis dengan lengkap dan benar

Ternyata Berbelanja di Online Shop Bisa Bantu Memulihkan Ekonomi Negara lho!

Seperti yang kita semua alami sekarang, hampir seluruh sektor kini dibatasi aktivitasnya, mulai dari pendidikan, kesehatan, pariwisata, sosial, hingga ekonomi. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai.

Beberapa sektor yang terdampak telah melakukan terobosan dan juga inovasi agar dapat beradaptasi di keadaan normal yang baru.

Seperti contohnya di sektor ekonomi melakukan kegiatan transaksi keuangan secara online melalui aplikasi perbankan digital, maupun pembayaran non-tunai dengan QRIS, serta melakukan kegiatan berbelanja lewat e-commerce.

Sebenarnya kegiatan berbelanja online dan pembayaran non-tunai sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa orang Indonesia, namun dengan adanya pandemi ini, sepertinya hampir seluruh masyarakat “dipaksa” untuk mengganti kebiasaan lamanya.

Selain mengikuti perkembangan teknologi, transaksi secara daring juga dapat meminimalisir penularan penyakit.

Disadari atau tidak, dengan berbelanja online terutama di UMKM, berarti telah turut berpartisipasi dalam menjaga dan memulihkan ekonomi negara lho, mengapa? Karena sejatinya UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia.

Selain karena merupakan sumber dari dinamika ekonomi nasional, UMKM juga menyerap angkatan kerja nasional.

Di masa sulit seperti saat ini, UMKM Indonesia tetap mampu bertahan dan beradaptasi karena peran masyarakat yang tetap berbelanja, dan juga pemerintah melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Program ini bertujuan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya selama pandemi, khususnya sektor informal atau UMKM.

Pemerintah berusaha menggerakkan dunia usaha melalui pemberian insentif atau stimulus kepada UMKM. Antara lain penundaan angsuran dan subsidi bunga kredit perbankan, subsidi bunga melalui Kredit Usaha Rakyat dan Ultra Mikro, penjaminan modal kerja hingga Rp 10 miliar dan juga pemberian insentif pajak.

Lalu bagaimana dengan daya beli masyarakat? Tenang! Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 172,1 triliun untuk mendorong kemampuan daya beli masyarakat. Dana tersebut disalurkan melalui Bantuan Langsung Tunai, Kartu Pra Kerja, pembebasan listrik dan lain-lain.

Memang, upaya memulihkan perekonomian di tengah pandemi tentu saja berisiko. Namun, masyarakat harus diingatkan bahwa besar kecilnya risiko itu sangat ditentukan oleh perilaku dan kewaspadaan setiap individu dalam menyikapinya.

Mulai dari menjalankan anjuran 3M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker, dan juga gantilah kebiasaan transaksi menjadi non-tunai dan juga secara online. Kini aplikasi e-commerce telah banyak dipenuhi oleh para pelaku usaha UMKM.

Maka dari itu, jika nanti ada salah satu dari teman kalian yang menawarkan barang dagangannya lewat online shop miliknya, sebaiknya kamu beli deh! Hitung-hitung selain bantu teman, kamu juga bantu negara lho. (LKE)

Untuk itu, yuk coba ikuti kuisnya!


SYARAT DAN KETENTUAN

  • Peserta yang mengikuti kuis ini merupakan Warga Negara Indonesia, yang berdomisili di wilayah negara Republik Indonesia.
  • Peserta sudah terdaftar di Kompasiana.
  • Peserta yang mengikuti kuis harus mengisi pertanyaan kuis dan data diri dengan lengkap.
  • Pemenang terpilih akan dihubungi secara langsung oleh pihak Kompasiana.com melalui email atau nomor telepon yang teregistrasi.
  • Pemenang yang tidak bisa dihubungi oleh penyelenggara dalam waktu 3 hari sejak tanggal pengumuman, haknya akan dialihkan ke peserta dengan skor tertinggi yang berikutnya.
  • Keputusan pemenang ditentukan oleh tim Kompasiana.com dan bersifat mutlak serta tidak dapat diganggu gugat.
  • Dengan mengikuti seluruh ketentuan, maka kamu otomatis menjadi peserta dan berkesempatan untuk menjadi pemenang.
  • Kompasiana.com berhak mengubah syarat dan ketentuan kuis tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Kuis berakhir tanggal 26 Maret 2021.
  • Pemenang akan diumumkan di Instagram @Kompasianacom

Dengan mengikuti program ini, Kamu menyetujui Kebijakan Data Pribadi KG Media

Aktifkan notifikasi web Anda untuk mendapatkan informasi kuis menarik lainnya

CARA MENGAKTIFKAN NOTIFIKASI

notif