TAK ADA CALON TEPAT, GOLPUT ADALAH PILIHAN

10 Februari 20179 bulan lalu

Pilkada seluruh Indonesia diadakan serempak pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang. Masyarakat pun akan menentukan pilihannya masing-masing. Namun, beberapa orang memiliki alasannya tersendiri untuk melakukan golput atau tidak memilih sama sekali. Mereka berpendapat bahwa golput merupakan sebuah hak politik yang dipergunakan, yaitu memilih untuk tidak memilih. Namun di sisi lain, fenomena golput dianggap tidak mencerminkan sedikitpun wajah demokrasi bangsa Indonesia. Kompasianer, setujukah Anda jika golput adalah sebuah pilihan yang boleh diambil jika tidak ada calon yang tepat?

7 PRO
  • Sulaiman Irsyad
    21 Maret 20178 bulan lalu

    saya rasa, bahkan jika ada paslon yang tepat, golput tetaplah pilihan. Memilih pemimpin adalah hak kita, begitu pula dengan memilih untuk tidak memilih.

  • Saiful Anwar
    05 Maret 20179 bulan lalu

    sebaiknya pemimpin di manapun dipilih seperti memilih imam sholat..

  • kornelius Pinem drg
    04 Maret 20179 bulan lalu

    daripada sakit hati awak salah pilih.....apalagi bawa bawa agama dengan embel embel dosa segala...mengambil hak otoritas Tuhan
    omaigad,,,

  • Bang Pilot
    22 Februari 20179 bulan lalu

    Tidak memilih juga adalah pilihan. Ngapain juga memilih kalo yang mau dipilih telor bosok semua?

  • Anindito Leksono
    11 Februari 20179 bulan lalu

    pilih calon A tukang korupsi, pilih calon B tukang Korupsi + Selingkuh, Pilih Calon C tukangg korupsi + selingkuh + Bawa-bawa agama buat menutupi dosa-dosanya.
    daripada ikut memuluskan orang berbuat dosa mending tidak memilih mereka sama sekali sampai hadir calon pemimpin yang benar-benar baik.

denbagusesumitro pilih saya saja mas wkwkwkw saya setia dan tidak sombong tapi buta huruf.
KONTRA 10
  • Bunga Amelia R
    18 Mei 20176 bulan lalu

    Golput bukan lah solusi jika tidak ada calon yang tepat

  • john r bauw
    15 Maret 20178 bulan lalu

    wajib memilih, walau tidak menyukai paslon, memilih yang terbiaik dari yang buruk

denbagusesumitro iya bener, satu suara untuk perubahan
  • Daud Lanang Prabowo
    16 Maret 20178 bulan lalu

    GOLPUT bukan pilihan namun sebuah ketidak pedulian kepada keadaan dengan dalih ketidaksesuaian pilihan, karena GOLPUT tidak menjadi acuan sebuah keputusan voting/ pemilihan suara, kecuali GOLPUT diakomodasi dalam perhitungan suara akan lain jadinya. jadi pilih yang baik diantara yang terburuk setidaknya kita membantu agar yang paling buruk tidak terpilih.

  • Penulis
    21 Februari 20179 bulan lalu

    Tentu tidak setuju, jika calon tidak ada atau belum pas di hati sebisa mungkin untuk tetap memilih, sebab pilkada adalah penentu nasib bakal calon yang bisa membawa kesejahteraan rakyat kedepannya. Jadi penting sekali untuk memilih.

  • Siti Masriyah Ambara
    17 Februari 20179 bulan lalu

    pemilu terkadang bukan memilih pemimpin terbaik tapi mencegah yang terburuk menjadi pemimpin. Tanggung jawab di tangan kita semua, golput buat saya perilaku lari dari tanggung jawab.