Mohon tunggu...
Putri Rizky L.
Putri Rizky L. Mohon Tunggu... Joki Traktor di Tempat Magang

Suka Random Things, saya sendiri juga bingung suka apa. Doyan jalan-jalan meski belum jauh-jauh.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Merajut Keberagaman Nusantara Lewat "Uluk Salam" Calon Lentera Bangsa

16 September 2019   17:29 Diperbarui: 16 September 2019   17:31 57 2 2 Mohon Tunggu...
Merajut Keberagaman Nusantara Lewat "Uluk Salam" Calon Lentera Bangsa
Mengusung Formasi Karnaval Sebagai Perekat Masyarakat Salatiga (Dokumen Pribadi, 2019)

Berbicara tentang keberagaman, tentunya negara kita menjadi salah satu tanah yang kaya akan perbedaan. Terlepas dari aneka polemik dan gesekan-gesekan yang tengah menjadi perhatian kita, sudah saatnya kita berbenah. Banyak hal dalam bermasyarakat yang dapat diupayakan untuk mengurangi gesekan yang ada. Merajut keberagaman adalah penting, oleh karenanya mari kita melancong ke Kota Salatiga, Jawa Tengah sejenak untuk mengambil jeda sesaat dan Anda terdiam dalam senyuman : selamat datang di kota tertoleran nomor dua di Indonesia.!

Karnaval OMB UKSW :  Bentuk Tradisi "Kulanuwun" Mahasiswa Baru UKSW

Siang itu (14/09) panas matahari begitu menyengat. Masyarakat Salatiga dan sekitarnya, sudah memadati ruas jalan utama : Jl. Diponegoro, Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Moh. Yamin, Jl. Kartini, dan Jl. Monginsidi. Adalah Universitas Kristen Satya Wacana Salatigatengah mengadakan perhelatan akbar sebagai rangkaian Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2019. Bukan main-main, sekitar 1000 lebih mahasiswa baru terlibat dalam karnaval ini. Karnaval OMB adalah salah satu acara tahunan yang paling ditunggu-tunggu oleh warga.

Animo masyarakat akan karnaval ini terbukti dari warga yang berjubelan, rela berdesakan dan berpanas-panas demi merasakan kegembiraan dan gegap gempita karnaval OMB. Bukan tanpa makna, karnaval ini sudah menjadi tradisi bagi kampus berjulukan "Indonesia Mini" ini untuk meminta izin warga Salatiga bahwasanya akan ada keluarga baru, yaitu mahasiswa baru yang datang dari segala penjuru dan pelosok Indonesia, bahkan dari negara tetangga : Timor Leste atau secara tradisi orang Jawa adalah dengan mengucapkan "kulanuwun" yang dapat diartikan sebagai permohonan masuk. Secara simbolik, Bapak Neil S. Rupidara selaku Rektor Universitas Kristen Satya Wacana memintakan izin tersebut kepada Walikota Salatiga, Bapak Yuliyanto.

Dalam sambutannya, Rektor UKSW menyampaikan bahwa daerah asal adalah rumah pertama, namun Salatiga adalah rumah kedua, sudah selayaknya menjadi kecintaan dan kebanggaan bagi mahasiswa baru. Menanggapi hal tersebut, Walikota menyampaikan selamat atas keberhasilan mahasiswa baru berkuliah di UKSW dan tentunya masyarakat Salatiga menerima dengan tangan terbuka.

Grup Kaleng Bukan Kaleng-Kaleng.! (Dokumen Pribadi, 2019)
Grup Kaleng Bukan Kaleng-Kaleng.! (Dokumen Pribadi, 2019)

Ceria dalam Bermain Drumblek (Dokumentasi Pribadi, 2019)
Ceria dalam Bermain Drumblek (Dokumentasi Pribadi, 2019)

Karnaval ini dimeriahkan oleh drumblek (mungkin ada yang belum tahu : drumblek diambil dari kata "drum" dan "blek" alias kaleng, dan dimodifikasi peralatannya seperti marching band pada umumnya. Alat musiknya antara lain drum bekas, kentongan, kaleng cat dan lainnya) mahasiswa baru yang dipandu oleh CS Marchingblek membawakan lagu Laskar Pelangi - Nidji; Heal The World - Michael Jacksondan Sajojo - lagu dari tanah Papua. Di belakang barisan drumblek, terdapat barisan flagger atau bendera, lalu kostum dan drumblek eksternal yaitu Gadalisa Marchingblek, Drumblek Guwo Tegalrejo, dan beberapa tim drumblek dari wilayah Salatiga yang tak kalah fantastis.

Flagger (Dokumentasi Pribadi, 2019)
Flagger (Dokumentasi Pribadi, 2019)

Euphoria Warga dan Sapu Jagad

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x