Mohon tunggu...
Priyanka Audrey
Priyanka Audrey Mohon Tunggu... new kompasiana acc

new kompasiana acc

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Era Serba Multi

24 Februari 2021   10:43 Diperbarui: 24 Februari 2021   10:50 58 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Era Serba Multi
source: pribadi

Kata-kata multi sering terdengar di kehidupan kita. Seiring berkembangnya teknologi dan pengetahuan, banyak hal yang dapat dibuat menjadi multi. Multi yang artinya lebih dari dua, sangat dekat dengan kehidupan sehari hari. Multivitamin yang dikonsumsi untuk mendukung kesehatan, barang-barang yang sekarang sudah canggih dan multifungsi, serta dari sisi jurnalisme terdapat multimedia.

Informasi telah lama menjadi kebutuhan manusia khususnya dalam hidup bermasyarakat, sebagai orang dewasa tentu kita membaca berita secara rutin untuk mengetahui keadaan sekitar kita dan keadaan dunia. Kemajuan teknologi memberikan akses berita yang sangat mudah. Dari gawai pintar, banyak portal berita yang dapat kita akses. Artikel ini akan membahas cara-cara mengakses informasi khususnya online untuk dapat memahami arti multimedia dan cara membedakannya.

Multimedia

Multi adalah kata depan yang berarti banyak, lebih dari satu, dalam hal ini berarti lebih dari dua. Sehingga Multi media berarti medianya lebih dari dua. Menurut (Mc Cormick, 1996) multimedia secara umum adalah kombinasi tiga elemen. Sedangkan menurut (Turban, 2002) multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media yang dimaksud adalah audio, animasi, video, teks, grafik, dan gambar. Jadi, secara singkat jika sesuatu memiliki bentuk output lebih dari dua (misal video, teks, dan gambar) dapat dikategorikan sebagai multimedia.

Elemen Multimedia

Untuk memahami lebih dapat, kita perlu melihat elemen multimedia atau yang disebut oleh Turban sebagai output. Berikut adalah penjelasan setiap elemen menurut (Hofstetter, 2021:16-26)

  • Teks

source: jekashop.com
source: jekashop.com
Dimulai dari elemen yang paling sederhana. Terdiri dari huruf dan angka, teks adalah cara yang paling efektif dalam menyampaikan ide kepada pembaca atau pengguna karena sangat mudah dimengerti masyarakat. Teks menjadi elemen dasar dalam multimedia karena merupakan jenis data yang paling kecil sehingga mudah disimpan. 

Terdapat tiga jenis teks. Printed Text yang dihasilkan word processor biasa di komputer yang diketik kemudian dapat dicetak. Scanned Text yang adalah hasil proses scanning tanpa mengetik terlebih dahulu. Terakhir dan terbaru adalah Hypertext yang merupakan link untuk menuju ke lokasi atau topik tertentu.

  • Gambar

source: timemagazine
source: timemagazine
Bahasa lain dari gambar adalah grafik atau image. Gambar memiliki manfaat untuk mengilustrasikan informasi yang ingin disampaikan terlebih hal yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Dengan perkembangan teknologi gambar dapat disebarkan dalam bentuk kumpulan pixel yang adalah titik terkecil di layar komputer. Gambar digital adalah hasil dari kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah dalam bentuk bitmaps, hyperpictures yang adalah bentuk gambar dari hypertext.
  • Audio

dephositphoto.com
dephositphoto.com
Audio adalah sesuatu yang dapat kita dengar. Bisa dalam bentuk suara musik, percakapan, atau efek suara yang dibuat. Dilihat dari formatnya, audio terbagi menjadi dua. Terdapat jenis wave yang adalah format file digital audio yang saat disimpan memiliki ekstensi wav dan midi atau musical instrument digital interface yang lebih efisien dari wave dalam merekam musik karena menyimpan data dalam bentuk yang lebih kecil, biasa diakhiri dengan ekstensi mid. 

Terdapat audio analog dan digital. Analog dalam bentuk gelombang suara yang bersumber dari instrument, suara, ada sumber lain yang asli. Audio digital adalah gelombang suara yang telah diubah di perangkat menjadi bentuk sinyal digital yang direkam dengan alat seperti mikrofon.

  • Video

horusmusic.com
horusmusic.com
Dalam video pengguna dapat menikmati suara dan gambar yang bergerak. Keuntungan video sangat spesial, yaitu dapat menggambarkan emosi dan psikologi manusia dengan lebih jelas dibanding teks dan gambar diam.
  • Animasi

source: kompas.com
source: kompas.com
Animasi memiliki efek visual, mengandung gerakan atau perubahan dalam bentuk waktu, bentuk, struktur, dan lainnya. Terdapat empat jenis animasi (Hofstetter, 2001:26) frame animation yang menampilkan objek berpindah tempat saat berganti frame, vector animation yang mengubah bentuk objek, computational animation yang memindahkan objek sesuai koordinat x dan y, dan morphing yang merupakan peralihan bentuk objek dengan memanipulasi frame.

Funfact

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x