Mohon tunggu...
Priyadi Sudirman
Priyadi Sudirman Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK

Membaca buku ilmu Pengetahuan, wirausaha, tutorial Aplikasi baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peralatan Spooring Terbaru untuk Menyesuaikan Kebutuhan Industri

24 November 2022   04:26 Diperbarui: 24 November 2022   04:39 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri - Pemasangan Alat Spooring 

Kerjasama antara SMK dengan Industri tidak dapat berjalan dengan baik apabila tidak singkron antara kebutuhan Industri dengan yang disiapkan oleh SMK. Mengingat user dari yang disiapkan di Sekolah adalah Industri yang sesuai. Untuk memenuhi kebutuhan Industri tersebut SMK perlu melakukan penyesuaian. Salah satunya adalah dengan menyediakan sarana dan prasarana praktik yang lengkap. 

Salah satu kelengkapan agar dapat menyesuaikan dengan bengkel otomotif terkini adalah dengan mempelajari dan mempraktikkan tentang Front Wheel Alignment (FWA). Tahun Pelajaran 2022 - 2023 ini kami menambahkan peralatan spooring beserta dengan Scissor Lift. 

Tujuan untuk mempelajari dan mempraktikkan FWA ini adalah selain sesuai dengan salah satu KD dalam Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Kendaraan Ringan (PSKR) juga untuk menambah keterampilan siswa yang akan diseleksi di Bengkel Astra Otoservice. 

Dokpri - Scissor Lift dan Peralatan Spooring 3D
Dokpri - Scissor Lift dan Peralatan Spooring 3D

Baca Juga: Car Lift untuk Melengkapi Peralatan Praktik SMK Sesuai dengan Standar Industri 

Pengadaan peralatan ini juga untuk melengkapi serangakaian peralatan yang telah ada, untuk memenuhi persyaratan Tempat Uji Kompetensi (TUK) dari Lembaga Sertifikasi P1 yang dimiliki oleh SMK PGRI 20 Jakarta. Pada Klaster 4 Spooring dan Balancing harus dilakukan dengan peralatan yang sebenarnya.

Baca Juga: Penilaian Akhir Semester Ganjil Dan Piala Dunia 2022 Qatar 

Dengan kelengkapan alat praktik ini diharapkan para lulusan dapat teserap lebih banyak lagi pada Industri Perawatan Kendaraan Bermotor khususnya mobil. Dengan makin berkembangnya kebutuhan mekanik yang mempunyai kompetensi sesuai dengan bidangnya. 

Dokpri - Trial Penggunaan Spooring 3D
Dokpri - Trial Penggunaan Spooring 3D

Secara keseluruhan peralatan yang telah dimiliki untuk Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Otomotif (TKRO) telah memadai sehingga siap untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para siswa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun