Mohon tunggu...
Priska Ayuningtias
Priska Ayuningtias Mohon Tunggu... kindness is golden

communication student at University of Satya Negara Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

AirTag, Alat Pelacak Mungil Terbaru dari Apple

21 April 2021   17:31 Diperbarui: 21 April 2021   17:48 51 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
AirTag, Alat Pelacak Mungil Terbaru dari Apple
AirTag / YouTube Apple

Apple Inc baru saja merilis produk terbarunya AirTag pada hari Selasa kemarin 20/4 melalui virtual event, Apple Event.

AirTag adalah pelacak kecil dan ringan menggunakan teknologi Ultra Wideband dan aplikasi Find My untuk menemukan barang. Jika AirTag dipisahkan dari pemiliknya dan di luar jangkauan Bluetooth, pengguna bisa alihkan ke Mode Hilang dan akan mendapatkan pemberitahuan saat berada dalam jaringan Find My. Apple menyebutnya dengan Precision Finding atau Pencarian Presisi. 

Precision Finding dapat diaktifkan untuk pengguna iPhone 11 dan iPhone 12, dimana teknologi canggih ini dapat lebih akurat menentukan jarak dan arah ke AirTag yang hilang saat berada dalam jangkauan. 

Saat pengguna bergerak, Pencarian Presisi menggabungkan masukan dari kamera, ARKit, akselerometer, dan giroskop, lalu akan memandu mereka ke AirTag menggunakan kombinasi suara, haptik, dan umpan balik visual.

Precision Finding / YouTube Apple
Precision Finding / YouTube Apple
AirTag bekerja dengan perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch yang menjalankan iOS 14.5 atau terbaru, atau iPad yang menjalankan iPadOS 14.5 atau terbaru. 

AirTag menghadirkan pengalaman pengaturan yang sama dengan AirPods - cukup dekatkan AirTag ke iPhone melalui Bluetooth dan akan terhubung. Pengguna dapat menamainya dengan nama kustom pilihan mereka.

apple-iphone12-airtag-findmyapp-042021-carousel-large-607fdb9f8ede480be13554b2.jpg
apple-iphone12-airtag-findmyapp-042021-carousel-large-607fdb9f8ede480be13554b2.jpg
AirTag tahan air dan debu serta memiliki speaker internal dan baterai standar CR2032 dengan daya tahan lebih dari satu tahun. Speaker internal memutar suara untuk membantu menemukan AirTag, sementara penutup yang dapat dilepas memudahkan pengguna untuk mengganti baterai.

Bentuknya yang kecil, AirTag dapat dimasukkan ke dalam dompet, tas, saku, atau dapat dijepitkan ke kunci atau apa pun menggunakan aksesoris dari Apple seperti Polyurethane Loop, Leather Loop dan Leather Key Ring. Apple dan Hermes menghadirkan edisi AirTag Hermes eksklusif dengan aksesori kulit buatan tangan seperti Bag Charm, Key Ring, Travel Tag, dan Luggage Tag. Pengguna juga bisa mendapatkan ukiran pilihan atau memiliki emoji apa pun di AirTag mereka secara gratis.

Aksesoris AirTag / Apple
Aksesoris AirTag / Apple
Semua data dengan AirTag dijaga kerahasiaan dan keamanannya. Tidak ada data lokasi atau riwayat lokasi yang disimpan secara fisik di AirTag. Komunikasi dengan jaringan Find My dienkripsi secara end-to-end sehingga hanya pemiliknya yang tahu di mana letaknya. AirTag juga memiliki fitur untuk mencegah pelacakan yang tidak diinginkan.

AirTag dijual dalam satu unit dan empat unit dalam satu paket dengan harga masing-masing USD$29 atau sekitar Rp 421 ribu dan US$99 atau Rp 1,4 juta, dan akan tersedia mulai Jumat, 30 April.

VIDEO PILIHAN