Mohon tunggu...
Priska Ayuningtias
Priska Ayuningtias Mohon Tunggu... kindness is golden

communication student at University of Satya Negara Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tagar #IndonesiaSaySorryForThailand Jadi Trending Topic No.1 di Twitter Usai Ramainya Hujatan yang Dilontarkan kepada Pasangan Gay Thailand

14 April 2021   20:45 Diperbarui: 14 April 2021   21:08 446 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tagar #IndonesiaSaySorryForThailand Jadi Trending Topic No.1 di Twitter Usai Ramainya Hujatan yang Dilontarkan kepada Pasangan Gay Thailand
Foto: Suriya Koedsang / Facebook

Nasib nahas dialami oleh pasangan gay di Thailand setelah salah satu pengantin, Suriya Koedsang, mengunggah foto pernikahannya di jejaring sosial Facebook pada 4 April 2021 lalu. Ia mendapati hujatan hingga ancaman pembunuhan oleh netizen Indonesia. Mayoritas yang menyerang pernikahan mereka mengatakan "larangan tuhan" dan "penyebab malapetaka dunia", bersamaan dengan penghinaan mulai dari pantek, kontol hingga orang gila.

Dilansir dari Coconuts Thailand, Suriya mengaku di-bully netizen Indonesia selama tiga hari, meskipun dia sendiri sama sekali tak membalas komentar apa pun. Ancaman pembunuhan yang menurutnya ditujukan kepada dirinya, suaminya, orang tua, kerabat, bahkan fotografer pernikahan mereka membuat Suriya meminta bantuan hukum ke seorang pengacara dari advokasi Network of Campaigning for Justice, yakni Ronnarong Kaewpetch.

I have tons of questions in my head ‘Why?’. We married in my warm house and family, my own place, my own [motherland] and what is wrong with Indonesia and Indonesians?? Why need to be that dramatic? … Why are you guys so harsh on us? Do I need to hide when I did nothing wrong?”. Suriya melalui akun Facebooknya.

Postingan Suriya di akun Facebook-nya (1)
Postingan Suriya di akun Facebook-nya (1)

Postingan Suriya di akun Facebook-nya (2)
Postingan Suriya di akun Facebook-nya (2)

Suriya juga mengatakan ia menghormati semua agama. Ketika menghabiskan waktu untuk belajar di Pattani, provinsi paling selatan Thailand, yang di mana kebanyakan orangnya adalah Islam, ia tidak mempunyai masalah sama sekali disana. Malahan, ia didukung untuk menjadi dirinya sendiri. Agama tidak pernah mengajarkan untuk membenci orang lain ataupun merendahkan orang lain. Sebaliknya, agama mengajarkan manusia untuk menjadi manusia yang baik.

Ramainya hujatan yang dilontarkan, membuat netizen Indonesia lainnya, yang tidak ikut menghujat, merasa malu dan menyampaikan perminta maaf lewat media sosial Twitter dan Facebook melalui tagar #IndonesiaSaySorryForThailand. Tagar ini menjadi trending topic no.1 di Twitter pada hari ini 14/4/2021.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x