Mohon tunggu...
Priscilla Feberina
Priscilla Feberina Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hilangnya Interaksi Sosial di Masyarakat Indonesia

9 Agustus 2022   11:31 Diperbarui: 9 Agustus 2022   11:34 79 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan negara yang terkenal akan keramahtamahan dan gotong-royongnya . Banyak juga warga atau turis dari luar Indonesia yang pernah singgah di Indonesia mengatakan hal yang sama. 

Masyarakat Indonesia beranggapan apa yang dikerjakan secara bersama-sama akan terasa lebih ringan karena tidak memakan banyak tenaga, dan masyarakat juga saling bercengkrama satu sama lain di sekitar rumahnya, bertukar pikiran dan mengisi waktu luang.

Dari kalimat diatas yang kita ketahui kehidupan masyarakat Indonesia yang damai, aman, tentram berkumpul bersama tetangga tanpa rasa iri, gengsi, ataupun memandang tetangga lain. Namun sejalannya zaman dan mengikuti perkembangan, membuat pembatas yang berdiri di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan kegiatan masyarakat Indonesia yang bergotong-royong, dll hanya menjadi angin lalu saja.

Dengan adanya internet dan handphone membuat masyarakat lupa bersosialisasi dan lupa bahwa mereka memiliki tetangga, mereka mengerjakan semua sendiri karena di handphone semua tersedia, jika ingin beli barang tinggal klik dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga yang membuat masyarakat tidak memerlukan bantuan orang lain dan merasa bahwa mereka mampu melakukannya. 

Dengan adanya internet banyak masyarakat juga sudah jarang yang keluar rumah berkegiatan di luar rumah berinteraksi dengan masyarakat lainnya karena sekarang bekerja juga bisa dirumah menggunakan internet. Tidak hanya itu selain bekerja dirumah sekarang internet juga bisa berjualan jadi banyak masyarakat yang menutup toko offlinenya dan berjualan online karena lebih mudah dan tidak memakan banyak biaya.

Dulu masyarakat sebelum mengenal handphone dan internet mereka berkomunikasi jika jauh menggunakan surat ataupun mereka bertemu secara langsung. Sekarang masyarakat berkomunikasi bisa menggunakan internet tidak perlu pergi ke kantor pos untuk mengirim surat karena sudah banyak aplikasi untuk berkomunikasi dengan canggih, bahkan kita juga bisa melihat wajah saudara kita yang jauh tempatnya. 

Dahulu masyarakat mengirim surat berminggu-minggu tetapi sekarang hanya hitungan detik pesan sudah sampai ke tujuan, dan masyarakat dahulu mendapat responnya juga lama, tetapi sekarang kita mendapatkan respon atau balasan sangat cepat dari gadget kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan