Mohon tunggu...
Dr. Priscilla Johanna
Dr. Priscilla Johanna Mohon Tunggu...

I'm single and very happy :)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ini Dia Serba Serbi Kutil yang Tumbuh di Permukaan Kulit Anda!

31 Mei 2017   09:38 Diperbarui: 31 Mei 2017   10:02 5739 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Dia Serba Serbi Kutil yang Tumbuh di Permukaan Kulit Anda!
source: http://www.drnumb.com

Serbi Serbi Kutil– Apakah dipermukaan kulit Anda terdapat benjolan kecil mirip bentol? Jika, iya. Benjolan kecil dipermukaan kulit tersebut dinamakan kutil. Tentu Anda sudah familiar dengan kata kutil bukan? Tapi, apa sih sebenarnya apa sih kutil itu? Dan bagaimana cara menanganinya?

Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas berikut saya paparkan serba-serbi mengenai kutil. Yuk, tambah informasi kesehatan Anda dengan simak penjelasan berikut ini:

Apa sih sebenarnya kutil ?

Kutil merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV). Usut punya usut, virus ini jugalah yang menjadi dalang penyakit mematikan kanker serviks. Tapi, tenang! Sebab kutil bersifat non-kanker sehingga tidak membahayakan hidup Anda.

Ketika kulit Anda terinfeksi virus HPV, maka produksi keratin dan protein pada permukaan protein akan meningkat melebihi jumlah normal. Dampaknya, kelebihan dua senyawa tadi akan menumpuk di bagian atas kulit hingga akhirnya membentuk tekstur baru yang disebut kutil.

Kutil yang seringnya menyerang area tangan dan kaki ini merupakan penyakit menular, lho! Jadi, berhati-hatilah jika Anda melakukan kontak langsung dengan penderita kutil; sebab, virus HPV akan dengan mudah berpindah dan menginfeksi tubuh, apalagi jika sistem imunitas sedang menurun. Selain melalui kontak antara kulit dengan kulit, Anda juga dapat terpapar virus HPV melalui penggunaan bersama handuk, pakaian, kaus kaki, sepatu, gunting kuku, dan pisau cukur.

(Baca:cara mengatasi kulit belang dengan 7 bahan alami)

Apa tanda-tanda dari penyakit kutil?

Umumnya, kutil ditandai dengan munculnya bintil-bintil kecil pada tubuh yang keras dan berakar. Coba cek apakah ada bintil kecil pada tubuh Anda? Jika Ada. Hati-hati! Karena, jika dibiarkan terus berlanjut, maka bintil ini akan semakin membesar. Hhmm.. untuk lebih jelasnya berikut saya jelaskan jenis-jenis kutil berikut ini:

  1. Kutil biasa; berbentuk bulat, menonjol, dan bertekstur kasar. Kutil jenis ini biasanya muncul dijari tangan atau kaki.
  2.  Kutil plantar; berbentuk rata dengan bagian tengah yang berlubang atau berbintik hitam. Kutil jenis inibiasanya di temukan pada telapak kaki sehingga menimbulkan rasa sakit setiap kali berjalan.
  3. Kutil filiform; berbentuk seperti bintil daging dan berwarna layaknya kutil biasa. Kutil jenis ini biasanya tumbuh di sekitar hidung, mulut, bawah dagu, atau leher.
  4. Kutil datar; berbentuk seperti cakaran yang berwarnacoklat agak kekuningan atau merah muda. Jenis kutil yang seringnya tumbuh di sekitar wajah, lengan, atau paha ini berukuran sanagt kecil sehingga jarang terlihat.  

Kutil periungual; berbentuk seperti kembang kol. Jika dibiarkan, kutil jenis ini akan menebal di sekitar lempeng kuku jari tangan atau kaki.

Bagaimana cara menangani kutil?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x