Mohon tunggu...
Prisca IrestiSili
Prisca IrestiSili Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 20 Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mengulik Karakteristik Media Baru dan Pemanfaatannya oleh NET TV

4 September 2022   09:56 Diperbarui: 7 September 2022   14:31 373 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Teknologi media baru merupakan konten-konten yang disediakan dalam berbagai bentuk komunikasi elektronik yang dimungkinkan melalui penggunaan teknologi komputer. (Widodo, 2009 : 13)

Hal tersebut yang memungkinkan siapa saja yang memiliki perangkat elektronik dan terhubung dengan internet untuk melihat berbagai konten yang disediakan, bahkan memungkinkan pengguna berinteraksi dengan konten secara real time.

Media baru memiliki konsep sebagai sesuatu yang lebih baru dan terkini di era baru. Sehingga berbeda dengan media lama seperti televisi, radio dan media cetak yang tidak mengandung teknologi yang memungkinkan proses generatif digital atau proses interaktif.

Kehadiran media baru tentunya memberikan pengaruh yang begitu besar ditengah masyarakat. 

Terjadi perbedaan yang signifikan dari media lama yang komunikasinya cuman satu arah berubah menjadi media yang lebih interaktif atau biasa yang dikenal sebagai media sosial.

Karakteristik Media Baru 

Digitalisasi

Digitalisasi Memungkinkan segala informasi bisa disimpan dalam bentuk hard disk kompak atau kartu memori mikro serta memungkinkan penyebaran informasi dengan cepat melalui kabel atau satelit.

Selain itu ada konvergensi teknologi seperti teks dan audio-visual sehingga dalam penggunaan gawai memungkinkan melakukan berbagai fungsi.

Interaktivitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan