Mohon tunggu...
Pringadi Abdi Surya
Pringadi Abdi Surya Mohon Tunggu... Penulis - Pejalan kreatif

Lahir di Palembang. Menulis puisi, cerpen, dan novel. Instagram @pringadisurya. Catatan pribadi http://catatanpringadi.com Instagramnya @pringadisurya dan Twitter @pringadi_as

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Tips Mencari Beasiswa ala PNS

24 November 2021   08:51 Diperbarui: 24 November 2021   13:45 2543 19 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi mencari beasiswa. Sumber: Nick Youngson/AlphaStockImages.com

Tidak seperti dulu, mencari beasiswa sekarang relatif lebih mudah. Keterbukaan informasi membuat setiap orang punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa, baik di dalam maupun di luar negeri. Termasuk juga bagi PNS. Ada banyak sekali peluang beasiswa dengan berbagai karakteristiknya. Berikut ini adalah tips mencari beasiswa ala PNS.

Sebelum kuungkap bagaimana tips mencari beasiswa ala PNS, perlu diketahui dulu, hal terpenting dari beasiswa adalah motifnya. Idealnya, orang melanjutkan pendidikan memang karena merasa butuh tahu, butuh update keilmuan yang sesuai dengan bidang keahliannya. Namun, bagi PNS, alasannya bisa beragam. Alasan karir menjadi pertimbangan yang tak kalah penting. 

Pegawai yang merupakan lulusan tugas belajar (mendapatkan beasiswa) lebih dihargai di dalam kesempatan kepangkatan. Keilmuannya dianggap lebih mumpuni sehingga ada semacam bentuk penghormatan tersendiri. 

Alasan lainnya adalah eskapisme. Mumpung tugas belajar, artinya bebas tugas sambil tetap digaji negara. Eskapisme ini juga berkaitan dengan penempatan wilayah kerja. Yang penempatannya jauh-jauh biasanya lebih semangat ikut seleksi beasiswa.

Aku pernah menjadikan alasan eskapisme ini sebagai motif menjadi mahasiswa tugas belajar. Bagi lulusan DIII STAN, kami punya kesempatan untuk mengikuti tes DIV STAN setelah 2 tahun bekerja. 

Saat itu aku penempatan di KPPN Sumbawa dan bergairah mengikuti tes, bersaing dengan sesama lulusan STAN dari berbagai generasi di Kementerian Keuangan. Hasilnya? Yak, baru pada kesempatan ketiga aku lulus tes dan kembali ke Jurangmangu untuk mengikuti perkuliahan. Begitu lulus, aku ditempatkan di kantor pusat.

Dua tahun setelah lulus barulah aku dibolehkan kembali mengikuti seleksi beasiswa S2. Saat itu kesempatan pertama datang dari Australian Award Scholarship (AAS). Sayangnya, aku tidak lulus. 

Baru awal tahun ini aku kembali mengikuti seleksi beasiswa, tetapi dalam negeri saja. Dari Bappenas. Alhamdulillah, saat ini aku sedang mengikuti perkuliahan di S2 Administrasi Publik Universitas Sriwijaya. Motifnya, jelas pulang kampung ke Palembang.

Sedang mengikuti perkuliahan online. Dokumentasi pribadi.
Sedang mengikuti perkuliahan online. Dokumentasi pribadi.

Lalu bagaimana tips mencari beasiswa ala PNS?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan